Depok (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) mencatat prestasi prestisius pada ujian teori Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) Nasional Gelombang kedua tahun 2022.

Prestasi membanggakan berhasil dicapai oleh Drg Yoga Chrisnugroho, yang mampu menembus peringkat 1 atau tertinggi dengan nilai UKMP2DG 97,50.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UI Dr drg Nia Ayu Ismaniati di Kampus UI Depok, Rabu, mengingatkan para lulusan agar mengamalkan ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan guna meningkatkan kualitas pelayanan, pengembangan keilmuan, dan implementasi riset di bidang kesehatan gigi dan mulut.

"Semua itu dilakukan dengan sepenuh hati dan tanggung jawab, untuk tercapainya kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik di Indonesia," katanya.

Baca juga: Tiga produk unggulan hasil inovasi dan riset diperkenalkan FKG UI

Ia juga memotivasi para lulusan untuk dapat mengembangkan karier sebaik mungkin, di dunia sipil ataupun militer, serta berkontribusi secara aktif dalam berbagai kegiatan sosial, untuk membantu masyarakat.

FKG UI mengangkat sumpah terhadap 35 lulusan dokter gigi baru dan pelepasan 9 lulusan dokter gigi spesialis.

Mereka adalah 2 dokter gigi Spesialis Prosthodonsia dan 7 dokter gigi Spesialis Periodonsia, 9 orang lulusan Magister terdiri dari 2 orang magister Ilmu Kedokteran Gigi Dasar (IKGD) peminatan Odontologi Forensik, 1 orang magister IKGD peminatan Ilmu Material Kedokteran Gigi (IMKG), dan 6 orang magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas (IKGKom), dan 3 orang lulusan Doktor, dengan demikian jumlah lulusan pada jenjang ini sebanyak 30 orang pada Juli 2022.

Baca juga: RSKGM UI targetkan jadi rumah sakit berkelas internasional

Dengan pertambahan jumlah lulusan dokter gigi, dokter gigi spesialis, magister, dan doktor tersebut, maka lulusan dokter gigi FKGUI sampai saat ini tercatat berjumlah 3.539 orang. Untuk Program Studi Pascasarjana, jumlah lulusan dokter gigi Spesialis FKG UI sampai saat ini adalah 1.281 orang, Magister 120 orang, dan Doktor 128 orang.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKG UI Dr drg Ria Puspitawati, PBO mengawali acara tersebut dengan menyampaikan daftar lulusan yang berhasil mencapai prestasi terbaik dari tiap jenjang.

Lulusan dokter gigi dengan IPK tertinggi adalah drg Bernike Devitaswati (3,88), drg Nadhira Dewi Hanana Irsan (3,87), drg Denia Alya Tsary (3,87), drg Kevin Setijono (3,87), drg Hanna Sonia Lumban Gaol (3,85).

Baca juga: UI peringkat pertama Scimago by Subject Areas Kedokteran Gigi

Program Studi Pascasarjana dengan IPK tertinggi ditempati dokter gigi spesialis drg Ines Agustina Sumbayak, SpPerio (3,87) dengan predikat cumlaude. Predikat cumlaude dari Program Magister diperoleh drg Atina Ghina Imaniyyah, MSi (3,94), sedangkan Program Doktor oleh Dr drg Anandina Irmagita, SpPM(K) dengan IPK 4.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022