Jakarta (ANTARA/JACX) - Hajatan pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada akhir Juli 2022 menjadi sorotan publik, terkait tamu-tamu yang hadir, busana yang dikenakan sang pengantin, hingga ucapan akad.

Pada Facebook, terdapat unggahan yang membahas bahasa yang digunakan dalam ijab kabul pernikahan Ali Saleh Alhuraiby dan Mutiara Anies Baswedan itu.

Unggahan dukungan terhadap menantu dan putri Anies Baswedan itu disertai foto arsip surat yang diklaim dari Proklamator RI Mohammad Hatta, kepada Abdurrahman Baswedan, kakek Anies Baswedan.

Arsip itu berjudul "Surat Bung Hatta pada AR Baswedan", dan tertulis tanggal surat pada 24 November 1975.

Lantas, benarkah unggahan tersebut merupakan Surat Bung Hatta pada AR Baswedan?
 
Unggahan hoaks yang menampilkan arsip surat dari Mohammad Hatta kepada Abdurrahman Baswedan pada 1975. (Facebook)


Penjelasan:
Putri bungsu Mohammad Hatta, Halida Nuriah Hatta, dalam unggahan di Facebook pada 2019 telah menyatakan surat yang diklaim ditujukan kepada A.R. Baswedan itu merupakan surat palsu.

ANTARA menemukan jejak pemilik akun Facebook, Bagas Dwi Bawono, yang menegaskan pernyataan Halida Hatta bahwa surat yang diklaim berasal dari Sang Proklamator itu merupakan palsu.

Sementara Halida Hatta, seperti dikutip Historia.id, menyatakan isi surat itu merupakan kebohongan besar dan tidak ada satupun hal yang sesuai dengan kepribadian Mohammad Hatta.

"Itu sudah jelas palsu. Tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun masalahnya hal itu jangan dibiarkan," ujar Halida.

Sejarawan Asvi Warman Adam menilai Mohammad Hatta dan A.R. Baswedan bukanlah sosok yang rasial dan anti-China seperti tercantum dalam surat itu.

Klaim: Surat Bung Hatta pada A.R. Baswedan
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Jokowi nyatakan perang terhadap Malaysia

Baca juga: Anies kenalkan Bung Hatta kepada anaknya melalui buku biografi

Baca juga: Anies klaim program unggulannya sejalan pemikiran Bung Hatta

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022