Bunga tersebut salah satu bunga khas DKI Jakarta yang tidak hanya indah, tapi juga memiliki manfaat kesehatan sebagai obat
Jakarta (ANTARA) - Direktur RSUD Kepulauan Seribu dr Agus Ariyanto Haryoso mengatakan penjenamaan Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat  berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 562 Tahun 2022 pada 16 Juni 2022 memiliki filosofi tinggi berdasarkan logo, nama, dan warna.

"Perubahan ini bukan hanya asal, namun juga melalui suatu pemikiran dibantu dengan konsultan, sehingga nilai psikologis-nya tinggi," kata dr Agus usai kegiatan pencanangan penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta yang digelar di RSUD Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Rabu.

Berdasarkan Kepgub 562/2022 itu, ikon logo Rumah Sehat adalah dari bentukan palang dan huruf 'J'. Bentuk palang merupakan ikon pelayanan kesehatan yang merupakan penyederhanaan dari bentuk dasar kelopak bunga melati gambir. Bunga tersebut salah satu bunga khas DKI Jakarta yang tidak hanya indah, tapi juga memiliki manfaat kesehatan sebagai obat.

Sedangkan huruf 'J' berasal dari kata Jakarta yang menyatu dengan bentuk palang sebagai analogi komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk turut serta menyediakan pelayanan kesehatan.

Dalam logo terdapat gradasi warna yang melambangkan inklusif atau menggambarkan keterlibatan seluruh sumber daya dan masyarakat dalam pembangunan layanan kesehatan di Jakarta.

Dalam Kepgub 562/2022 juga dibahas soal filosofi kata 'Rumah' dan 'Sehat' yang berarti tempat bernaung dan ikhtiar tenaga kesehatan secara totalitas. Penggunaan kata 'sehat' harapannya bisa mengubah pola pikir masyarakat agar tidak berobat di kala sakit, namun dalam rangka mempertahankan status kesehatannya.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan menambahkan rumah sehat secara psikologis diharap dapat mengubah pola pikir terkait pelayanan kesehatan melalui keramahan paramedis, dokter, perawat serta kenyamanan fasilitas di RSUD Kepulauan Seribu.

"Jadi 'mind set'-nya sudah mulai berubah. Masyarakat itu dengan datang ke rumah sehat ya memang benar mau sehat," kata Fadjar saat menghadiri secara langsung kegiatan pencanangan penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta di RSUD Kepulauan Seribu, Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu.

Dengan penjenamaan Rumah Sehat ini otomatis semua pihak berbenah, dalam hal ini internal dari RSUD Kepulauan Seribu pun harus memiliki banyak layanan-layanan di atas standar, karena karakteristik masyarakat di pulau berbeda dari darat.

"Diharapkan ada perhatian tenaga medis dokter spesialis untuk meningkatkan pelayanan ke depannya, jadi benar-benar sehat semuanya, masyarakatnya sehat dan para medisnya diharapkan sehat," kata Fadjar.

Dalam Kepgub 562/2022 disebutkan bahwa tipografi Rumah Sehat menggunakan tipe huruf Arial Rounded MT Bold dan Helvetica Neue. Palet warna yang digunakan terdiri dari palet warna utama, palet warna aksen serta gradasi biru ke hijau muda.

Filosofi warna biru melambangkan ketenangan, kesetiaan, ketulusan, kebijaksanaan, kepercayaan, dan stabilitas. Penambahan warna hijau melambangkan kesehatan, ketenangan, dan kesegaran.
Baca juga: Penamaan Rumah Sehat RSUD agar warga DKI rajin cek kesehatan
Baca juga: Anies resmikan pengganti nama rumah sakit jadi rumah sehat
Baca juga: Dirjen Kementerian PUPR paparkan kriteria rumah sehat pascapandemi

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022