Pekanbaru (ANTARA) - Tujuh pesawat tempur jenis F-16 berlatih terbang formasi sebagai persiapan memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022, dan mereka sudah terbang sejak Rabu (4/8) di langit Pekanbaru, Riau. 

"Ada tujuh pesawat latihan mulai hari ini di langit Pekanbaru, pada hari berikutnya pesawat itu akan berangkat ke Jakarta," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Noerjadin, di Pekanbaru, Letnan Kolonel Khusus Zukri, kepada media, Kamis.

Baca juga: Pesawat Tempur F-16 TNI AU patroli pulau terluar di Selat Malaka

Di Pekanbaru terdapat satu skuadron udara TNI AU berintikan F-16 Fighting Falcon, yaitu Skuadron Udara 16 yang berpangkalan di Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Noerjadin (RSN), yang dahulu bernama Pangkalan Udara TNI AU Pekanbaru.

Ia mengatakan sejak Rabu hingga Kamis, ketujuh F-16 itu berlatih terbang formasi terbang lintas dalam rangka persiapan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan mengudara di langit Pekanbaru. Setelah itu mereka lepas landas ke Jakarta pada Jumat (5/8).

Baca juga: F-16 TNI AU latihan rutin sambil pantau kebakaran hutan Riau

Setelah latihan selama dua hari di Pekanbaru, katanya, tujuh pesawat akan berangkat latihan rutin di Madiun, Jawa Timur, dan Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ketujuh pesawat itu masuk dalam latihan formasi angka 17 di udara.

"Latihan rutin nanti di lapangan terbang Madiun dan Halim. Semua pesawat itu selama ini ada di RSN Pekanbaru," kata dia.

Baca juga: TNI AU kerahkan 14 pesawat tempur dalam latihan Jalak Sakti 2021

Terkait pesawat yang latihan terbang formasi di udara itu, dia berkata kepada masyarakat, "Mohon bersabar dan dimaklumi karena ada tujuh pesawat latihan saat ini."

Pewarta: Frislidia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022