Talenta-talenta inilah yang akan terus digali dan dibina agar terus berprestasi dan membawa keharuman nama bangsa di kemudian hari
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengharapkan Piala Presiden Esports (PPE) 2022 menjadi sarana dalam mengembangkan karir para atlet esports Indonesia hingga ke kancah internasional.

Menurut Moeldoko, sejak penyelenggaraan PPE perdana pada 2019, atlet-atlet potensial esports terus bermunculan dan memiliki jenjang karir baik.

“Talenta-talenta inilah yang akan terus digali dan dibina agar terus berprestasi dan membawa keharuman nama bangsa di kemudian hari,” tegas Moeldoko dalam konferensi pers penyelenggaraan PPE 2022 di Jakarta, Kamis, sebagaimana keterangan tertulis Kantor Staf Presiden (KSP).

Baca juga: Piala Presiden Esports 2022 bawa talenta nasional ke kancah dunia

Esports atau electronic sports merupakan kompetisi dalam bermain gim antara para pemain profesional. PPE 2022, kata Moedoko, menjadi wujud komitmen pemerintah dalam mengembangkan karir atlet esports nasional.

Menurutnya, penyelenggaraan PPPE terbukti telah memberikan efek domino bagi kemajuan ekosistem dan industri gim nasional khususnya esports. Hal itu, dibuktikan dengan munculnya dua gim lokal yang ikut dipertandingkan pada PPE 2021.

Merujuk hasil riset Statista, Moeldoko menyebut proyeksi pendapatan dari gim hingga akhir 2022 sebesar Rp14 miliar, dan pertumbuhannya mencapai 9,14 persen.

Ia menambahkan posisi Indonesia di pasar gim dunia saat ini berada di peringkat 12. Sementara di Asia Tenggara, Indonesia di urutan pertama dengan prosentase pemain gim sebesar 43 persen dari pangsa pasar Asia Tenggara.

“Dengan peluang ini, kita berharap Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan industri gim mampu mendongkrak perekonomian dan pembukaan lapangan kerja baru bagi generasi milenials,” katanya.

Baca juga: Predator League 2022 kembali bergulir dengan total hadiah Rp6 miliar

Moeldoko juga berharap PPE 2022 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, namun juga memberikan dampak positif terhadap sumber daya generasi muda Indonesia yang kreatif dan unggul, sesuai dengan cita-cita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

"Lewat PPE ini generasi muda tidak melulu sekedar main gim saja namun menjadi generasi Indonesia yang berkarakter, kreatif, dan inovatif," katanya.

Piala Presiden Esports (PPE) 2022 merupakan turnamen olah raga elektronik yang ke empat kalinya digelar sejak 2019.

Mengusung tema Esports untuk Negeri, kick off PPE 2022 akan dilaksanakan Rabu (10/8). Digelar secara hybrid, PPE 2022 diikuti 142 atlet dan mempertandingkan tujuh cabang gim. Dua cabang di antaranya adalah gim nasional yakni Lokapala & Battle of Satria Dewa. Total prize pool yang disediakan sebesar Rp2 miliar.

Baca juga: PBESI berharap sinergi pengurus provinsi tingkatkan prestasi esports

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022