Kerja sama dengan University of California Berkeley (UCB) tentu menjadi nilai tambah dalam pemberian akreditasi oleh pemerintah ke Universitas.
Jakarta (ANTARA) - Universitas Pancasila (UP) Jakarta menjalin kerja sama dengan University of California Berkeley (UCB), meliputi riset, visiting research hingga pertukaran dosen dan mahasiswa.

Rektor UP Prof. Dr. Edie Toet Hendratno di Jakarta, Kamis mengatakan merasa bangga dan sangat mendukung langkah awal kerja sama ini.

“UCB merupakan universitas bergengsi dan salah satu yang terbaik di dunia, tentu dengan agenda ini diharapkan dapat terus berlanjut," katanya.

Prinsip kami yaitu mencari kawan dan menjalin kerja sama. Kerja sama dengan University of California Berkeley (UCB) tentu menjadi nilai tambah dalam pemberian akreditasi oleh pemerintah ke Universitas.

Sementara itu Dekan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Prof. Dr. apt. Syamsudinm M. Biomed mengatakan seminar ini merupakan langkah permulaan kerja sama dengan UCB untuk kolaborasi di berbagai bidang.

Seperti pertukaran pelajar serta dosen, mahasiswa melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, kerja sama riset, kuliah tamu, kunjungan Profesor, postdoctoral, hingga kursus atau program keahlian tertentu.

Prof. Syamsudin menjelaskan lebih rinci bahwa penelitian yang dapat dikembangkan bersama UCB yaitu oral albumin yang dikembangkan pihaknya bersama perusahaan Nucleus Farma.

Dengan memanfaatkan teknologi yang dipaparkan UCB seperti stem cell dan teknologi nano, pihaknya akan memodifikasi albumin sehingga dapat langsung terserap ke target sel.

Seperti diketahui, albumin sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.


Kolaborasi antara UP dengan UCB ini diharapkan dapat berkembang sesuai dengan program kerja yang telah disepakati bersama ke depannya. Tentunya Universitas Pancasila siap untuk berkolaborasi dengan UCB.

Sebagai bentuk kerja sama antara UP dengan UCB ini diawali dengan diselenggarakannya seminar yang dilaksanakan secara hybrid di Aula Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dengan tema “In-Depth talk about University of California Berkeley.

Seminar ini mengundang pembicara dari University of California Berkeley Prof. George Anwar dan Dr. Matthew P. Sherburne.

Turut hadir pada kegiatan ini Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S.H., M.Si., FCBArb beserta para wakil rektor yang sekaligus memberikan sambutan, Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr. Apt. Syamsudin, M.Biomed. beserta jajaran.
Baca juga: Mantan Wamen PU dilantik sebagai pejabat di UP
Baca juga: Jumlah guru besar Universitas Pancasila terbanyak di DKI Jakarta
Baca juga: Universitas Pancasila lantik Karen Agustiawan sebagai Wakil Rektor

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022