Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad memproyeksikan tarif angkutan udara akan terus memberikan kontribusi terhadap inflasi tinggi hingga akhir 2022.

"Angkutan udara ini sampai akhir tahun dirasakan masih akan tertinggi," ujar Tauhid dalam webinar bertajuk Mengelola Inflasi dan Mengantisipasi Stagnasi Ekonomi oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) secara daring di Jakarta, Kamis.

Tauhid mengatakan maskapai penerbangan berupaya menambah jumlah penerbangan setelah dipaksa turun karena adanya pandemi COVID 19 pada 2020 hingga 2021. Namun, upaya kebangkitan ini, lanjut dia, membutuhkan waktu lama karena pandemi telah membuat para maskapai merugi.

Baca juga: ASITA: Kenaikan tiket pesawat tantangan baru pengembangan pariwisata

"Karena banyak pesawat yang di grounded, layout, sehingga tidak mudah langsung jumlah pesawat meningkat tajam," kata Tauhid.

Bersamaan dengan itu, para maskapai juga harus menghadapi meningkatnya harga bahan bakar Avtur yang disebabkan oleh gejolak harga komoditas energi di tingkat global.

Selain itu, Tauhid mengatakan semakin banyak penguasaan maskapai penerbangan oleh segelintir perusahaan induk saja. Hal ini menyebabkan persaingan harga tiket antar maskapai tidak kompetitif lagi.

Baca juga: Harga tiket pesawat naik, Sandiaga harap jumlah penerbangan bertambah

"Persaingan antar tiket ini, kurang begitu terjadi saat ini," ujarnya.

Saat ini tarif angkutan udara merupakan penyumbang terbesar inflasi dari kelompok administered price, selain komponen bahan bakar rumah tangga, rokok kretek filter dan tarif listrik.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kelompok ini menyumbang inflasi pada Juli 2022 sebesar 0,21 persen month to month (mom) atau 6,51 persen year on year (yoy) secara tahunan.

Baca juga: Pengamat: maskapai optimalkan utilisasi pesawat untuk menekan biaya

Baca juga: Kemenhub tetapkan kebijakan tarif Rp0 untuk jasa pelayanan pesawat

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022