Sambutan hangat diberikan Gubernur kepada sebanyak 358 jamaah haji dan petugas yang baru saja tiba dari Tanah Suci, Madinah dan Mekkan, Arab Saudi sekitar pukul 03.00 WITA Kamis dini hari
Samarinda (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Isran Noor menerima kedatangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Debarkasi Haji Balikpapan di Aula Jabal Rahmah Jalan Mulawarman Balikpapan, Kamis (4/8) 2022.

Sambutan hangat diberikan Gubernur kepada sebanyak 358 jamaah haji dan petugas yang baru saja tiba dari Tanah Suci, Madinah dan Mekkan, Arab Saudi sekitar pukul 03.00 WITA Kamis dini hari.

"Bapak dan ibu adalah orang-orang yang beruntung. Sebab tidak semua bisa mendapatkan kesempatan berhaji. Sekarang ini, dari kondisi normal, baru 40 persen yang mendapat kesempatan," kata gubernur saat menyampaikan sambutan.

Gubernur berharap para jamaah haji yang tiba dari Mekkah tersebut dalam kondisi sehat, dan kembali menjalankan aktivitas rutin sehari- hari.

"Karena Allah SWT sudah memrioritaskan bapak ibu sekalian untuk datang ke Tanah Suci. Bapak dan ibu yang diberi kesempatan. Ada juga yang sudah puluhan tahun menunggu, tapi belum juga bisa berangkat," tambahnya.

Meski tidak langsung berada di Mekkah dan Madinah, Gubernur mengaku selalu memonitor penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

"Saya selalu monitor. Secara umum pelayanan ibadah haji kita tahun ini sangat sangat sangat baik. Itu artinya petugas-petugas kita melaksanakan tugasnya dengan baik. Itu juga termasuk ibadah," katanya.

Secara simbolis Gubernur Isran Noor mengalungkan surban kepada enam perwakilan jemaah haji yang sudah bersiap untuk segera bertemu keluarga di rumah.

Gubernur juga meresmikan Galeri Haji Asrama Haji Balikpapan yang berisi kumpulan foto penyelenggaraan ibadah haji dari masa ke masa.

Sekretaris Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kaltim Kabul menjelaskan kloter pertama  jamaah haji yang tiba itu berjumlah 358 orang termasuk petugas. Mereka berasal dari Samarinda, Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sementara jumlah jemaah haji dari Embarkasi Haji Balikpapan berjumlah 2.590 orang dan 32 petugas sehingga secara keseluruhan terdapat 2.622 orang.

"Setelah tiba pukul 03.00 WITA, langsung dilakukan tes usap antigen dan Alhamdulilah hasilnya semua negatif," demikian Kabul.


Baca juga: Kloter pertama haji asal Kaltim tiba di Balikpapan pada 4 Agustus

Baca juga: Komisi IV DPRD Kaltim usulkan penurunan ONH

Baca juga: Mahulu di perbatasan RI-Malaysia usulkan punya kuota haji sendiri

Baca juga: 112 calon haji asal Kabupaten Paser bertolak ke Mekkah

Pewarta: Arumanto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022