Australia juara AFF U-18 Putri 2022 setelah tumbangkan Vietnam 2-0

Australia juara AFF U-18 Putri 2022 setelah tumbangkan Vietnam 2-0

Tim nasional putri Australia mengangkat tropi juara AFF U-18 Putri 2022 setelah menumbangkan perlawanan Vietnam dengan skor 0-2 tanpa balas pada partai final di Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (4/8/2022). (ANTARA FOTO/ Feny Selly)

Palembang (ANTARA) - Tim nasional putri Australia keluar sebagai juara AFF U-18 Putri 2022 setelah menumbangkan perlawanan Vietnam dengan skor 2-0 tanpa balas pada partai final di Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam.

Dominasi tim asuhan pelatih Reanne Maree Dower tersebut sudah kentara sejak babak pertama dimulai, mereka menggempur habis-habisan semua sisi pertahanan pemain Vietnam.

Tegan Celia sang pengatur instrumen serangan The Young Matildas tampil impresif pada laga pamungkas malam ini, hingga membuat kapten tim Vietnam Le Thi Bao Tram ketar-ketir menjaganya.

Baca juga: Timnas Indonesia tumbang 0-3 kontra Thailand AFF U-18 putri 2022

Pemain bernomor punggung 5 tersebut berkali-kali sukses memberikan umpan manis pada Ella O’Grady dan Sienna Saveska di lini depan yang mengancam gawang Vietnam yang dijaga Ngunyen Phuong Thao dari sisi sayap kanan.

Hingga setidaknya pada percobaan ke enam kalinya, umpan yang disodorkan Tegan Celia berhasil dikonversi menjadi gol pada menit ke-38 oleh sepakan kaki kanan Sienna Saveska yang lepas dari pengawalan dalam kotak penalti Vietnam.

Gol pemain termuda dalam skuad timnas Australia itu menutup babak pertama dengan keunggulan bagi timnya.

Baca juga: Bima Sakti berharap pemain timnas U-16 ikuti jejak Marselino Ferdinan

Pada babak kedua, pelatih Vietnam Ijri Akira mengambil langkah cepat merubah gaya permainan dengan merombak posisi lini tengah dengan memasukkan Ly Linh Trang menggantikan Lo Thi Thu Phuong yang kelelahan.

Perancang strategi asal Jepang tersebut tampaknya menyadari selama babak pertama tim asuhannya terputus di lini tengah, sehingga Ngoc Minh Chuyen di lini depan tak mampu berbuat banyak.

Menyusul pergantian pemain itu, Ngoc yang haus gol bagi The Golden Girls beberapa kali mengancam gawang Australia, akan tetapi Zoe Karipidis dan Grace Carty Wilson dengan tangkas membarikade jantung pertahanan timnya.

Serangan balik cepat yang diterapkan Vietnam menguras tenaga kapten tim Shay Laylah Hollman dan rekan sehingga Reanne Maree menarik keluar empat pemainnya hingga menit ke-55.

Baca juga: Pelatih timnas U-16 Singapura: Kekuatan Indonesia dan Vietnam setara

Masuknya Alana Kate Cortellino, India Jessie menggantikan Shay Laylah Hollman dan Ella O’Grady membuat juara juara grup B AFF U-18 Putri tersebut kembali menguasai permainan.

Gol pengunci kemenangan bagi Australia pun tercipta melalui kaki kiri Mary Stanic yang lagi-lagi dimanjakan oleh umpan terukur dari Tegan Celia pada menit ke-60.

Wasit Supiree Testomya meniupkan peluit panjang menutup pertandingan untuk kemenangan tim nasional Australia yang berhak mengangkat piala AFF U-18 Putri 2022.

Sementara Vietnam yang menjadi juara Grup A dengan raihan poin sempurna harus puas menutup AFF U-18 Putri 2022 di Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan sebagai runner-up, lalu menyusul Thailand di peringkat ketiga.

Baca juga: Spaso dan Pacheco antar Bali United menang 3-2 dari Rans Nusantara

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar