Jakarta (ANTARA) - Riqui Puig telah menyelesaikan transfer ke klub Major League Soccer (MLS) LA Galaxy dari Barcelona di bursa transfer musim panas ini setelah tidak masuk rencana Xavi untuk musim 2022-23.

Kontrak gelandang Spanyol berusia 22 tahun tersebut bersama Barcelona masih tersisa satu tahun lagi, tetapi dianggap surplus oleh Xavi. LA Galaxy berhasil mengamankan jasanya sebelum bursa transfer MLS ditutup pada 4 Agustus.

"LA Galaxy mendatangkan gelandang asal Spanyol Riqui Puig dari FC Barcelona," tulis klub Amerika Serikat tersebut di akun resmi Twitter-nya pada Jumat.

"Kami senang menyambut Riqui ke LA Galaxy,” kata pelatih kepala Greg Vanney di situs resmi klub.

"Riqui adalah pemain yang memiliki teknik yang sangat bagus dan terdidik dengan pengalaman luar biasa untuk usianya. Dia akan sangat cocok dengan skuat dan gaya permainan kami."
 
LA Galaxy mendatangkan Puig tanpa biaya alias bebas transfer, tetapi klub Katalunya tersebut memiliki klausul untuk memboyongnya kembali ke Spotify Camp Nou dan akan menerima 50 persen dari hasil penjualannya di masa mendatang.

Gelandang bertubuh mungil tersebut telah meneken kontrak berdurasi tiga tahun dengan Galaxy hingga 2025, itu menandakan berakhirnya sembilan tahun karier sang pemain di Barcelona.

Puig menghabiskan lima tahun menimba ilmu di La Masia sebelum menembus skuat utama pada 2018, tetapi hanya bermain 56 kali di semua kompetisi saat karena kesulitan mendapatkan tempat di starting XI.

Selain Puig, Barcelona telah melepaskan Philippe Coutinho, Oscar Mingueza, Dani Alves dan Rey Manaj dengan permanen. Sementara itu Francisco Trincao dan Clement Lenglet dipinjamkan ke klub lain

Barcelona kemungkinan akan menjual beberapa pemainnya lagi demi memangkas pengeluaran gaji mereka sekaligus upaya mereka untuk mendaftarkan para pemain baru seperti Robert Lewandowski dan Jules Kounde yang tiba dari Sevilla.


Baca juga: Man United lirik Ruben Neves jika gagal daratkan Frenkie de Jong
Baca juga: Lewandowski mampir ke Bayern sampaikan salam perpisahan
Baca juga: Manchester United siapkan tawaran terakhir untuk Frenkie de Jong

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022