Kami masih memperkirakan euro/dolar AS diperdagangkan di bawah paritas, lebih dari hanya sebentar, selama beberapa minggu ke depan
Singapura (ANTARA) - Dolar berjuang untuk mendapatkan pijakan di perdagangan Asia pada Jumat pagi, setelah jatuh dengan laju tertajamnya dalam dua minggu karena investor tetap gelisah menjelang data pekerjaan AS yang ditunggu secara luas dan di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang resesi.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, turun 0,68 persen semalam, penurunan terbesar sejak 19 Juli, dan terakhir diperdagangkan 105,79.

Investor menunggu laporan data penggajian non-pertanian (nonfarm payrolls/NFP) utama AS yang akan dirilis pada pukul 12.30 GMT, yang akan memberikan petunjuk tentang bagaimana perekonomian AS berjalan. Ekonom memperkirakan peningkatan 250.000 pekerjaan untuk Juli, setelah 372.000 ditambahkan pada Juni.

"Penggajian tampaknya menjadi pikiran semua orang untuk malam ini, jadi saya pikir itu membuat segalanya relatif tenang," kata Kepala Strategi Valas National Australia Bank, Ray Attrill.

Namun tanda-tanda pelemahan di pasar tenaga kerja sudah bisa berlangsung, karena data semalam menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat minggu lalu.

Baca juga: Defisit perdagangan AS menyempit untuk bulan ketiga beruntun pada Juni

Terhadap greenback yang lebih lemah, euro melonjak 0,8 persen semalam dan terakhir diperdagangkan di 1,0238 dolar, meskipun penangguhan hukuman kemungkinan berumur pendek karena kekhawatiran tentang krisis energi tetap ada.

Kebuntuan atas kembalinya turbin yang dikatakan Rusia menahan pasokan gas ke Eropa tidak menunjukkan tanda-tanda akan diselesaikan pada Kamis (4/8/2022), karena Moskow mengatakan perlu dokumentasi untuk mengkonfirmasi bahwa peralatan itu tidak dikenakan sanksi.

"Kami masih memperkirakan euro/dolar AS diperdagangkan di bawah paritas, lebih dari hanya sebentar, selama beberapa minggu ke depan," kata Kepala Ekonomi Internasional Commonwealth Bank of Australia, Joseph Capurso.

Sementara itu, sterling bertahan stabil di sekitar 1,2157 dolar pada awal perdagangan Asia pada Jumat, menutup sebagian besar kerugiannya menyusul sinyal suram dari bank sentral Inggris (BoE). Pound turun sekitar 0,3 persen untuk minggu ini, membalikkan kenaikan yang dibuat dua minggu sebelumnya.

Baca juga: Dolar merosot, dipicu pesan "hawkish" bank sentral AS mereda

Pada Kamis (4/8/2022) BoE menaikkan suku bunga acuan setengah poin persentase menjadi 1,75 persen, tertinggi sejak akhir 2008, tetapi memperingatkan tentang resesi panjang Inggris di depan.

"Di luar reaksi spontan terhadap pandangan bank sentral Inggris yang sangat pesimistis tentang ekonomi - yang menurut saya itulah yang benar-benar mendorong pound turun pada awalnya - tidak ada tindak lanjut yang efektif, dan saya rasa tidak ada yang ingin melihat apakah rebound itu tepat atau tidak, sampai (kita) melihat bagaimana dolar AS berperilaku malam ini," kata Attrill dari NAB.

Sementara itu dolar jatuh 0,69 persen terhadap yen semalam dan berada di jalur untuk kerugian mingguan ketiga berturut-turut. Terakhir diperdagangkan 132,9 yen per dolar.

Demikian pula Aussie dan kiwi yang sensitif terhadap risiko masing-masing berdiri di 0,6956 dolar AS dan 0,6290 dolar AS, setelah naik sekitar 0,2 persen dan 0,3 persen semalam.

Baca juga: Harga emas berbalik melonjak 30,5 dolar, dipicu dolar yang lebih lemah

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022