Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti menegaskan bahwa skuadnya tidak akan "cari aman" saat melawan Vietnam pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8).

Bima tidak mau anak-anak asuhnya turun ke lapangan hanya untuk hasil imbang. Kedudukan seri memang menjadi syarat minimal agar Indonesia lolos ke semifinal.

"Kami tak boleh berpikir, 'Wah, seri sudah cukup jadi kami harus bermain aman'. Kami mau 'fight' dan menang," ujar juru taktik berusia 46 tahun itu usai memimpin latihan skuadnya di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Meski demikian, Bima tidak mempermasalahkan jika memang seri menjadi hasil akhir laga tersebut.

Namun, kalah tidak masuk dalam skenario. Sebab, andai takluk dari Vietnam, Indonesia harus berharap menjadi peringkat kedua terbaik fase grup dan itu artinya menggantungkan nasib kepada tim dari grup lain.

"Kami tak mau berharap pada tim lain. Kami ingin menentukan nasib kami sendiri," kata Bima.

Baca juga: Bima: Timnas U-16 Indonesia incar kemenangan atas Vietnam

Gelandang timnas U-16 Muhammad Kafiatur Rizky juga menyatakan bahwa dia dan rekan-rekannya tidak akan bertanding untuk imbang dengan Vietnam.

Skuad berjuluk Garuda Asia, Kafiatur melanjutkan, akan berupaya keras untuk membobol gawang lawannya itu dan membawa tiga poin.

"Kami harus menang. Saya sendiri menargetkan untuk mencetak gol ke gawang Vietnam," tutur pesepak bola dari Tangerang Selatan tersebut.

Pertandingan Indonesia versus Vietnam digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8), mulai pukul 20.00 WIB.

Timnas U-16 Indonesia saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari dua laga tetapi unggul selisih gol dari Vietnam yang berpoin serupa.

Dengan demikian, Indonesia hanya perlu minimal hasil seri dari laga kontra Vietnam tersebut untuk lolos ke semifinal.

Adapun Singapura dan Filipina sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-16 2022 lantaran belum mengoleksi poin dari dua pertandingan.

Akan tetapi, kedua tim masih akan berjumpa pada laga terakhir yang juga berlangsung pada Sabtu (6/8) di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Baca juga: Bima minta pemain U-16 tak terbuai kemenangan besar atas Singapura
Baca juga: Bima Sakti berharap pemain timnas U-16 ikuti jejak Marselino Ferdinan


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022