Jember (ANTARA) - Acara Jember Fashion Carnaval (JFC) 2022 akan menampilkan defile kostum terbaik dalam kurun sembilan tahun pada peragaan kostum di jalan sepanjang 3,6 km yang dijadwalkan berlangsung akhir pekan ini.

Rangkaian acara JFC 2022 yang mengusung tema "The Legacy" dijadwalkan berlangsung Sabtu (6/8) dan Minggu (7/8) siang hingga malam hari.

"Alhamdulillah tahun ini JFC bisa digelar kembali di jalanan karena selama dua tahun hanya digelar di dalam ruangan karena pandemi COVID-19," kata Presiden JFC Budi Setiawan di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Jumat.

"The Legacy kami angkat sebagai upaya (untuk menunjukkan) bahwa JFC mewariskan semangat serta tujuan besar untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Jember adalah kota karnaval," katanya.

Menurut dia, JFC 2022 akan menampilkan defile kostum terbaik dari tahun 2011 sampai 2019 serta defile spesial bertajuk Poseidon.

Sepuluh defile yang akan ditampilkan dalam ajang JFC 2022 yakni Defile Madurese, Defile Mahabharata, Defile Betawi, Defile Majapahit, Defile Garuda, Defile Sriwijaya, Defile Kujang, Defile Aztecs, Defile Sasando, dan Defile Poseidon.

Peserta karnaval akan menampilkan kostum terbaik dalam defile-defile tersebut pada ​​​​​Grand Carnival, yang merupakan acara inti JFC 2022, pada Minggu (7/8).

JFC 2022 meliputi acara Pets Carnival, Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI), dan Artwear Carnival (Fashion Art) pada Sabtu (6/8) serta World Kids Carnival dan Grand Carnival pada Minggu (7/8).

Budi menyebut karnaval hewan peliharaan sebagai salah satu acara yang unik dan menarik dalam rangkaian JFC 2022.

"Parade itu merupakan bentuk kerja sama antara pihak JFC dengan beberapa komunitas seperti kalangan pencinta hewan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam,  dan PDHI (Persatuan Dokter Hewan Indonesia)," katanya.

Sementara WACI, yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  akan menampilkan perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia.

JFC 2022 pun memberikan ruang kepada desainer, komunitas, dan merek fesyen untuk menampilkan pertunjukan fesyen tematik dalam Artwear Carnival.

"Anak-anak juga diajak kreatif untuk menampilkan karya terbaik dalam membuat kostumnya melalui World Kids Carnival," kata Budi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Putri Indonesia 2022 Laksmi Shari De-Neefe Suardana dijadwalkan menghadiri JFC 2022.

Baca juga:
JFC 2021 digelar sesuai protokol kesehatan
Wakil dari mancanegara berpartisipasi di World Kids Carnival di Jember

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022