ASEAN Para Games

Menpora: Prestasi di APG 2022 jadi modal menuju Paralimpiade Paris

Menpora: Prestasi di APG 2022 jadi modal menuju Paralimpiade Paris

Menpora Zainudin Amali (kanan) menyaksikan penyerahan medali emas yang diberikan kepada Pejudo Tunanetra Indonesia Balgis Mega Maghfira (kiri) saat upacara penyerahan medali pada pertandingan Judo tunanetra putri individu kelas +57Kg J1-J2 ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU.

Solo (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan hasil dari ASEAN Para Games (APG) 2022 harus menjadi modal semangat dan motivasi menuju Paralimpiade Paris 2024.

Amali mengungkapkan ASEAN Para Games adalah sasaran antara sama seperti dengan gelaran Asian Para Games.

"Setelah lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) target utama itu adalah Paralimpiade," ujar Amali di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Kontingen Indonesia dipastikan akan keluar sebagai juara umum karena perolehan medali sudah tak terkejar dari para pesaing.

Baca juga: Menpora sebut APG bentuk perhatian Presiden pada atlet disabilitas

Hingga berita ini diturunkan, skuad Merah Putih telah mengoleksi 120 emas, 91 perak, 76 perunggu. Pesaing terdekat Thailand, mengantongi 73 emas, 84 perak, dan 51 perunggu.

Torehan medali Indonesia khususnya emas jauh melampai target yang dicanangkan yakni dengan 104 keping emas.

Pundi-pundi medali Indonesia di pesta olahraga untuk disabilitas terbesar di Asia Tenggara edisi ke-11 ini masih berpotensi bertambah karena sejumlah atlet dari sejumlah cabang masih berjuang di babak final.

"Kalau atlet tampil baik di ASEAN Para Games maupun Asian Para Games maka pasti akan dikirim ke kualifikasi Paralimpiade Paris 2024, jadi ini motivasi untuk atlet sehingga mereka akan menunjukkan bahwa mereka pantas tampil di Paralimpiade Paris 2024 mendatang," kata Amali.

Baca juga: Dominasi APG 2022 adalah buah Indonesia peduli difabel
Baca juga: ASEAN Para Games 2022 gugah minat penyandang disabiltas jadi atlet

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar