Semarang (ANTARA) - Tara Athaya Yasykur sukses meraih medali emas, sekaligus memecahkan rekor para-renang pada nomor 50 meter gaya bebas S12 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jumat, disaksikan langsung sang ibunda.

Catatan waktu yang dicetak adalah 31,19 detik atau memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang perenang Thailand Sukcharern Preyanut dengan 41,66 detik.

"Seneng banget, bisa mecahin (rekor) juga. Kurangnya tidak pecah 'best time' saya," kata Tara usai pengalungan medali.

Atlet kelahiran 25 September 2003 itu mengaku senang sekali bisa berlaga ditonton sang ibunda, Yuliati Karyaningsih, apalagi saat ini merupakan debutnya di APG 2022.

"Seneng banget. Keren. Apalagi di Semarang, belum pernah kan di (Stadion Jatidiri). Ibu nonton sejak awal karena kebetulan juga di hari pertama (1/8)," kata Tara.

Baca juga: Para-renang Indonesia tampil sebagai juara umum APG 2022

Pada APG 2022, perenang berusia 18 tahun itu turun di dua nomor, yakni 50 meter gaya bebas S12 dan 50 meter gaya dada SB12.

Pada nomor 50 meter gaya dada SB12, Tara sukses meraih medali perak sehingga total dua medali dikumpulkan, yakni satu emas dan satu perak.

Tara juga merasa terpacu dengan kehadiran suporter di Stadion Jatidiri Semarang yang memberikan dukungan kepada para atlet Indonesia saat berlaga.

"Antusiasnya, luar biasa. Apalagi, masyarakat kan pada nonton," katanya.

Baca juga: Para-renang bidik tujuh emas pada hari terakhir untuk penuhi target

Sebelum berlomba, Tara tak lupa meminta doa sang ibunda agar bisa memenangi dan membanggakan Indonesia.

"Pesan khusus tidak ada. Ya, jbu cuma nyemangatin, kasih 'support'," kata Tara.

Tim Para-Renang Indonesia tampil sebagai juara umum pada ASEAN Para Games 2022 dengan total perolehan 87 medali, terdiri atas 29 medali emas, 31 perak, dan 27 medali perunggu.

Bahkan, perolehan medali emas pada pesta olahraga terbesar bagi atlet-atlet difabel se-Asia Tenggara itu melampaui target yang ditetapkan, yakni 27 medali emas.

Baca juga: Zaki Zulkarnain gondol emas para-renang meski sempat terkendala cuaca
Baca juga: Bayu Putra raih emas para-renang di laga debut internasionalnya

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022