Meskipun saya unggul 5-1 dan 40-0, saya tahu saya belum memiliki pertandingan dan jelas dia membuktikannya
Jakarta (ANTARA) - Petenis remaja AS Coco Gauff, yang unggul pada awal berusaha keras di akhir pertandingan untuk meraih kemenangan 6-4, 6-4 atas juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka pada turnamen lapangan keras WTA di San Jose, California, Kamis waktu setempat.

Petenis berusia 18 tahun, yang mencapai final Grand Slam pertamanya di French Open pada Juni, tersebut hanya membutuhkan satu break servis untuk merebut set pertama 6-4 dalam pertemuan blockbuster itu.

Dengan servis yang menggelegar dia kemudian unggul 5-1 pada set kedua. Namun, superstar Jepang, yang tidak diunggulkan pada turnamen pertamanya sejak tersingkir pada babak pembuka di Roland Garros, itu tidak kalah tanpa perlawanan.

Baca juga: Badosa dan Jabeur melaju ke perempat final WTA San Jose

Dia menyelamatkan match point -- semuanya dengan servisnya sendiri, sebelum Gauff akhirnya bisa melakukan servis.

Tertinggal 1-5 dan 0-40, Osaka melakukan serangkaian servis yang membuat Gauff tidak dapat berkutik, dan berhasil memangkas defisit menjadi 5-4.

Gauff akhirnya menahan diri mencoba untuk lebih sabar setelah melakukan kesalahan ganda untuk menjadikan skor 30-30, dia kemudian memenangi dua poin berikutnya pada match point untuk memastikan kemenangan.

"Meskipun saya unggul 5-1 dan 40-0, saya tahu saya belum memiliki pertandingan dan jelas dia membuktikannya," kata Gauff dikutip dari AFP.

"Setiap kali Anda bermain melawan Naomi, dia bisa bermain tenis tanpa lampu. Saya merasa mungkin dua dari poin pertandingan saya benar-benar berhasil."

Baca juga: Djokovic mundur dari turnamen Kanada, Murray dapat wildcard

"Selain itu, ace, ace, tidak dapat dikembalikan, winner," ujar Gauff sambil tertawa.

"Jadi, saya tidak terlalu marah... Saya seperti, pada akhirnya harus tenang dan jika tidak tenang maka itu mungkin bukan hari saya," imbuhnya.

Dengan demikian, unggulan keenam Gauff maju ke pertandingan perempat final untuk bertemu unggulan kedua petenis Spanyol Paula Badosa.

Pada pertandingan babak kedua lainnya, petenis non unggulan asal Amerika Shelby Rogers menumbangkan unggulan teratas petenis Yunani Maria Sakkari dengan kemenangan 6-1, 6-3.

Unggulan keempat Aryna Sabalenka dan unggulan sembilan Veronika Kudermetova berhasil lolos ke perempat final. Sabalenka mengalahkan petenis Amerika Caroline Dolehide 4-7, 6-1, 7-5, sementara Kudermetova mengalahkan petenis Amerika Claire Liu 6-2, 7-5.

Baca juga: Naomi Osaka kembali dengan kemenangan di babak pertama WTA San Jose

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022