Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan pengembangan sektor kesehatan bisa didukung oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bukan hanya oleh pelbagai rumah sakit besar.

“Inilah konsep dari pada wellness tourism. Kita akan promosikan dan showchasing beberapa produk dari perusahaan-perusahaan besar dan UMKM, karena ternyata wellness tourism tentang mendemokratisasi kesehatan,” kata Menparekraf dalam pembukaan International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF) 2022 yang dipantau secara virtual di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

IWTCF 2022 mengangkat tema “A Sustainability Strategy For The World Tourism Recovery And Growth Through Wellness Tourism For All” yang dinilai relevan dengan perkembangan zaman.

Konferensi tersebut akan mendiskusikan isu-isu terkini terkait wisata kesehatan. Nantinya, Sandiaga menginginkan pelbagai ide yang terhimpun dalam konferensi itu menjadi rencana aksi nasional 2022-2026 tentang wellness tourism.

Baca juga: Sandiaga Uno: Wisata kesehatan kini jadi pilihan utama wisatawan

“Kita mesti mengakui banyak negara tetangga kita yang sudah mengembangkan health tourism, tapi kita akan kejar. Kalau wellness tourism, we are so far ahead dan kita harus gunakan kesempatan ini untuk menghimpun pemerintah, swasta, asosiasi terkait, media, akademisi, untuk memajukan wellness tourism,” ujar dia.

Setiap tahun, Indonesia disebut kehilangan 11 miliar dolar AS untuk layanan kesehatan di luar negeri atau lebih dari 200 ribu warga tanah air.

Menurut dia, fakta tersebut harus dijadikan peluang bagi para pemangku kepentingan terkait untuk saling berkolaborasi, salah satunya melalui IWTCF 2022 yang juga memfasilitasi networking dan business matching.

“Saya berharap acara ini jangan hanya berhenti sebagai bagian dari G20, ini harus lebih banyak yang berpartisipasi. Kami berharap acara ini akan meningkatkan kesadaran tentang layanan wisata kesehatan yang kita miliki karena Indonesia sudah memiliki layanan wisata kesehatan, tinggal dipromosikan,” ucap Sandiaga.

Baca juga: Promosikan wisata kesehatan, Kemenparekraf gelar IWTCF 2022

Baca juga: Sandiaga ajak wisata sejarah sambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022