Mewujudkan parlemen modern bukan hanya tanggung jawab anggota DPR, melainkan kita semua.
Lombok, NTB (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah berharap media berperan dalam memperkuat kinerja legislasi para anggota DPR RI dalam mewujudkan parlemen modern.

"Ibarat bermain bola, anggota DPR perlu dukungan dari media untuk memperkuat kinerja dengan tulisan-tulisan yang membangun opini publik positif," kata Dimyati saat membuka diskusi Forum Kolaborasi Media dan Parlemen di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Dimyati memandang perlu adanya kolaborasi yang baik antara DPR RI dan media khususnya dalam membangun strategi komunikasi publik yang baik.

Melalui kolaborasi tersebut, menurut dia, opini negatif terkait dengan DPR dapat dibendung.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar juga berharap peran jurnalis dalam mewujudkan parlemen modern karena menjadi sarana informasi yang dapat disebarluaskan kepada publik.

"Mewujudkan parlemen modern bukan hanya tanggung jawab anggota DPR, melainkan kita semua. Karena mewujudkan parlemen modern adalah cita-cita kita semua," ujarnya.

Indra menyebutkan ada tiga indikator parlemen modern, yaitu transparansi, penggunaan teknologi informasi, dan perjuangan terhadap aspirasi masyarakat.

Oleh karena itu, dia berharap media dapat mendukung upaya mewujudkan parlemen modern tersebut dengan menyebarluaskan informasi terkait dengan kinerja DPR kepada publik.

Baca juga: BK DPR tekankan kolaboasi dapat tingkatkan kinerja
Baca juga: Setjen DPR minta Puspanlak libatkan tenaga ahli AKD di uji materi UU

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022