Solo (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pemerintah daerah menjaga momentum ASEAN Para Games (APG) untuk mendorong geliat pariwisata ke depan.

"Tadi saya dapat update dari Pak Wali (Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka) bahwa tingkat hunian hotel 100 persen untuk satu minggu ini, karena ada APG dan Internasional Wellness Tourism Conference," katanya usai Penandatanganan Komitmen Bersama dalam Rangka Mendukung Terciptanya Taman Rekreasi Aman, Nyaman, dan Menyenangkan di Hotel Alana Surakarta, Jumat.

Ia mengatakan momentum kali ini harus dijaga. Bahkan, pihaknya juga menambah kegiatan melalui beberapa inisiasi dan kolaborasi Kemenparekraf dengan para pemangku kepentingan.

Baca juga: Pemkot Surakarta sebut semua produk UMKM laku di ASEAN Para Games

"Ini harus dijaga momentumnya, apalagi kita bicara mengenai bagaimana sektor pariwisata jadi lokomotif dan membuka peluang bagi ekonomi kreatif untuk bisa bangkit," katanya.

Ia mengatakan usai dua tahun dihantam oleh pandemi COVID-19, sektor pariwisata di dalam negeri betul-betul memerlukan satu kolaborasi melalui event internasional maupun event nasional.

"Dampaknya sangat positif, selamat pada Pak Wali, mudah-mudahan momentum ini terus terjaga. Kami terus bergandengan tangan," katanya.

Ia mengatakan beberapa agenda wisata olahraga akan terus dikembangkan ke depan, di antaranya Magelang 10K, Jogja-Borobudur Marathon, Sragen Gowes hingga 25 km.

Baca juga: ASEAN Para Games 2022 jadi ajang promosi pariwisata Solo

"Di Solo juga ada agenda sport tourism, ke depan yang akan kami tingkatkan sebagai daya tarik wisata dan peningkatan penjualan produk ekonomi kreatif. Harus berkesinambungan secara totalitas," katanya.

Sementara itu, terkait dengan deklarasi tersebut bertujuan untuk mengingatkan para pelaku pariwisata yang bergerak dalam bidang pengelolaan taman rekreasi agar selalu menjaga aturan-aturan keselamatan demi menjaga keamanan dalam berwisata.

Dalam hal ini, dilakukan kolaborasi antara Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi (PUTRI), Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia (ARKI), PT Privy Identitas Digital, dan Konsorsium Jagawisata yang menyelenggarakan program asuransi kecelakaan secara gratis berbasis digital bagi pengunjung di tempat wisata.

Baca juga: Bakat seni anak difabel menembus batas di ASEAN Para Games Solo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022