kegiatan Jumat Berbagi ini sudah lama ya, rutin. Di pandemi tahun 2022 ini, kami mulai kembali
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) mendistribusikan fidyah secara berkelanjutan melalui Program Jumat Berbagi.

“Sebetulnya kegiatan Jumat Berbagi ini sudah lama ya, rutin. Di pandemi tahun 2022 ini, kami mulai kembali,” ujar Manajer Penyaluran dan Pemberdayaan LAZISNU Ending Syarifuddin  dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan kegiatan Jumat Berbagi saat ini merupakan yang ketiga, setelah di depan Gedung PBNU dan di depan Kantor Pimpinan Pusat GP Ansor.

"Dibuka kembali, karena ini adalah bagian dari implementasi penyaluran fidyah yang telah diamanatkan kepada kami," katanya.

Dia menegaskan bahwa kegiatan Jumat Berbagi sekaligus implementasi program pendistribusian fidyah itu akan dilaksanakan rutin serta disalurkan secara keliling di Jakarta dan daerah lainnya.

Baca juga: Sambut Hari Santri Nasional, LAZISNU luncurkan "Bogorpreneur"

“Ini akan kami laksanakan rutin, keliling Jakarta. Nanti di Jakarta Barat untuk Jumat berikutnya, insya Allah. Selanjutnya di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan,” paparnya.

"Nanti juga akan didistribusikan di LAZISNU daerah (cabang), karena kami bekerja sama dengan LAZISNU cabang untuk mendistribusikan program fidyah secara kontinu, sustainable atau berkelanjutan, agar bisa memberi manfaat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: NU Care-LAZISNU dan BPKH salurkan daging kurban di wilayah 3T

Pendistribusian fidyah berupa paket makan merupakan hasil kerja sama LAZISNU dengan Tokopedia dalam program pendistribusian fidyah untuk fakir miskin.

“Ini (paket makan) berasal dana dari fidyah, kerja sama LAZISNU PBNU dengan Tokopedia. Jadi ini adalah penyaluran dana fidyah, yang disalurkan ke LAZISNU melalui Tokopedia,” kata Direktur Eksekutif LAZISNU Qohari Cholil.

Qohari mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk berbagi keberkahan kepada kaum dhuafa dan fakir miskin.

Baca juga: PT Berdikari-LAZISNU teken kerja sama bidang penyediaan hewan kurban

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022