Denpasar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Denpasar, Bali, Kadek Agus Arya Wibawa melepas sebanyak 16 anggota Kwartir Cabang Pramuka Kota Denpasar yang akan mengikuti Jambore Nasional tahun 2022 di Cibubur, Jakarta.

"Ini merupakan kesempatan baik untuk mempererat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa bagi Kwarcab Pramuka Kota Denpasar yang akan mengikuti Jambore Nasional," kata Agus Arya Wibawa saat melepas kontingen Pramuka di Denpasar, Jumat.

Ia menambahkan, dalam membina kaum muda sangat besar tantangannya, maka gerakan Pramuka memerlukan calon pemimpin yang berkomitmen tinggi, memiliki rasa patriotisme dan ikhlas mengabdikan diri demi kepentingan bangsa.

"Maka, tidak heran, sekarang ini banyak pihak menyadari kembali betapa pentingnya pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembinaan kaum muda," ujar pria yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Denpasar itu.

Baca juga: Wapres dorong Pramuka aktif berkontribusi bangun SDM unggul

Namun demikian, kata dia, tantangan dalam membina kaum muda ke depan masih besar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat ini.

Bukan hanya itu, kendala dan masalah yang dihadapi kaum muda sangat besar dengan masih ditemukannya berbagai masalah sosial dan mulai menurunnya semangat kebangsaan, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa serta minimnya tekad bela negara di kalangan kaum muda.

"Untuk itulah, melalui Jambore Nasional ini diharapkan mengembalikan jati diri kaum muda Indonesia. Adik-adik akan bertemu dengan saudara kita dari Sabang-Merauke, ini merupakan kesempatan baik untuk mempererat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Menurut dia, sudah saatnya bangkit kembali dengan semboyan "Satu Pramuka, Untuk Satu Indonesia", Pemerintah Kota Denpasar akan terus berupaya memberikan perhatian kepada Pramuka.

Baca juga: Kwarcab Pramuka Kota Jayapura kirim 16 peserta ke Jambore Nasional XI

"Pendidikan kepramukaan sangat penting untuk membentuk karakter bangsa yang andal di masa depan, sebab pemimpin tidak terbentuk dengan instan tapi melalui proses panjang," ujarnya.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Denpasar I Gusti Lanang Jelantik menjelaskan Jambore Nasional (Jamnas) ke- 11 Tahun 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Peserta Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Denpasar total berjumlah 16 orang terdiri atas 8 peserta putra dan 8 peserta putri dengan didampingi masing-masing satu orang pembina pendamping ditambah dua orang dari unsur Jambore Service Team (JST) dan PP.

Peserta tersebut merupakan hasil seleksi peserta Jambore Daerah Bali 2021 lalu di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana, Tabanan.

Baca juga: Nadiem : Pramuka dukung pendidikan karakter

Sementara pembinaan kontingen Jamnas Denpasar telah dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2022 dan diakhiri dengan pemusatan latihan di Bumi Perkemahan Segara Mantra, Serangan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022