ASEAN Para Games

Indonesia pastikan juara umum ASEAN Para Games

Oleh Fitri Supratiwi

Indonesia pastikan juara umum ASEAN Para Games

Tim renang estafet Indonesia M Tauhidi Fatahillah (kiri) bersama Fathur Rizky Moreno (kedua kiri), Syucu Indriani (kedua kanan), dan Meliana Ratih Pratama (kanan) menunjukkan medali emas usai meraih posisi pertama pada final estafet 4x100 meter gaya bebas campuran S14 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022). Tim renang Indonesia menyabet medali emas dengan catatan waktu 4 menit 16,45 detik, mengalahkan tim Thailand dengan catatan waktu 4 menit 17,82 detik. ANTARA FOTO/Aji Styawan/YU/pri.

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo, Jawa Tengah, telah mencapai akhir pertandingan dengan tuan rumah Indonesia dipastikan menjadi juara umum sebagai pengumpul medali terbanyak.

Hingga Jumat malam pukul 22.30 WIB, klasemen perolehan medali yang disiarkan laman resmi ASEAN Para Games 2022 menunjukkan Indonesia melaju jauh di peringkat teratas dengan total 419 medali dengan rincian 171 medali emas, 138 perak dan 110 perunggu.

Jumlah tersebut jauh di atas tim peringkat kedua, Thailand, yang mengumpulkan total 312 medali dengan rincian 113 medali emas, 113 perak, dan 86 perunggu.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Andi Herman bahkan sudah memastikan Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games (APG) 2022 yang diselenggarakan di Solo pada 30 Juli-6 Agustus itu ketika perolehan medali emas Indonesia "baru" 151.

"Alhamdulillah sampai malam ini kalau sesuai website Indonesia sudah mendapatkan 151 emas, tapi data riil di lapangan ada 168 emas," kata dia di Solo Jumat malam.

Menurut dia, perbedaan data tersebut karena masih ada sebagian perolehan medali yang belum diupacarakan sehingga belum tercatat secara resmi dalam laman APG.

Dia mengatakan pencapaian tersebut jauh melebihi target awal  104 medali emas. Bahkan, ada beberapa cabang olahraga yang mencapai lebih dari 300 persen dari target semula.

Dia menegaskan semua target yang dicanangkan CdM seluruhnya berhasil dicapai kecuali cabang sepak bola cerebral palsy (CP) yang kalah dalam adu penalti melawan Thailand sehingga harus puas dengan medali perak.

"Seluruh target yang dicanangkan CdM semua terpenuhi kecuali satu, yakni sepak bola CP kita kalah adu penalti dengan Thailand. Kami dapat perak, kalau prediksinya emas," kata Andi Herman.

Baca juga: Klasemen ASEAN Para Games 2022: Indonesia pertahankan juara umum
 

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar