Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik mewarnai pemberitaan nasional, Jumat (6/8) kemarin mulai dari Presiden sebut uang pensiunan TNI masih kurang hingga 10 Tahun Forum Pemred.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden Jokowi: Nilai uang pensiunan kurang tapi tak janji menaikkan
Presiden Joko Widodo mengakui bahwa besaran uang pensiun para purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI), termasuk dari unsur Angkatan Darat (AD) masih kurang, namun tidak janji dapat menaikkan nilainya.

"Saya sampaikan yang disampaikan Pak Doni Munardo tadi, saya tahu, saya tahu, bahwa gaji pensiun untuk tamtama berada di angka Rp2,6 juta betul? Untuk bintara berada di angka Rp3,5 juta, bener? Dan untuk perwira pertama, kapten (sebesar) Rp4,1 juta, betul? Saya tahu, saya tahu, saya tahu apalagi yang berada di Jabodetabek, angka ini adalah angka yang masih sangat kurang," kata Presiden Jokowi di Sentul International Convention Center Bogor, Jumat.

Selengkapnya di sini

2. MRP sampaikan masukan dari keputusan kultural kepada Menko Polhukam
Majelis Rakyat Papua (MRP) didampingi Amnesty International Indonesia menyampaikan masukan-masukan dari hasil keputusan kultural MRP selama tahun 2021-2022 kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat.

“Keputusan-keputusan ini penting untuk memberikan perlindungan dan afirmasi terhadap Orang Asli Papua,” kata Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib, sebagaimana dikutip dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

3. Dewan Pers apresiasi media arus utama yang jaga kualitas jurnalistik
Dewan Pers menyampaikan apresiasi kepada lembaga pers yang secara konsisten ikut menjaga kualitas jurnalisme dengan menegakkan Kode Etik Jurnalistik.

“Kami di Dewan Pers sangat mengapresiasi lembaga pers yang terus konsisten ikut menjaga kualitas jurnalisme. Sembari itu, kami juga secara aktif terus meningkatkan kualitas penanganan pengaduan-pengaduan yang masuk ke Dewan Pers,” kata Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers Yadi Hendriana ​​​​​​dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

4. Menhan Prabowo: Purnawirawan TNI harus terus berperan untuk negara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan, purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus terus berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.

"Saya mendukung purnawirawan terjun ke bidang ekonomi karena ekonomi yang akan mendukung pertahanan negara. 'Old soldier never dies', tapi untuk Indonesia 'they never fade away'," kata Prabowo saat menjadi pembicara dalam acara Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Tahun 2022, di Sentul International Convention Center, Bogor, Jumat.

Selengkapnya di sini


5. Forum Pemred bentuk tim perumus ekosistem media bangun media sehat

Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Pemred), bertepatan dengan momentum 10 tahun berdirinya forum tersebut, membentuk tim perumus ekosistem media guna menciptakan ekosistem media yang sehat di Tanah Air.

"Tim ini akan menjadi partner atau rekan yang konstruksif sekaligus kritis bagi Dewan Pers dan berkolaborasi pada para pemangku kepentingan dalam menyusun ekosistem media yang lebih baik dan sehat," kata Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad dalam acara pertemuan tokoh nasional dalam rangka memperingati 10 tahun Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Pemred) di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022