Metaverse akan membuat pengalaman bermain game menjadi tidak biasa
Jakarta (ANTARA) - Meta mendukung para kreator gaming untuk nantinya membagikan pengalaman imersif melalui metaverse ketika ekosistem realitas baru itu sudah sempurna.

Hal itu disampaikan Manajer Kemitraan Gaming untuk Meta di Indonesia Stelliana Siswanto dalam acara diskusi lewat Metaverse Cafe yang berlangsung di Titik Temu Cafe, Mbloc, Sabtu.

"Evolusi teknologi menuju metaverse akan membantu orang-orang, termasuk kreator gaming untuk selangkah lebih awal merasakan bagaimana metaverse dapat memberikan pengalaman imersif saat berinteraksi dengan komunitas. Kita masih dalam tahap awal dalam perjalanan #menujumetaverse, dan kami akan terus mendorong kreator gaming untuk memanfaatkan potensi metaverse dan memberikan dampak ekonomi bagi komunitas,” kata Stelliana dalam diskusi bersama salah satu kreator gaming Luthfi Halimawan.

Baca juga: Strategi Meta siapkan talenta digital metaverse

Metaverse semakin dikenal masyarakat luas sejak Meta memfokuskan dirinya untuk mengembangkan teknologi metaverse.

Metaverse didefinisikan sebagai ruang virtual yang terasa seperti realitas nyata, tidak hanya diakses lewat layar tapi bisa terasa seperti lingkungan nyata untuk bermain, bekerja, hingga bersosialisasi.

Indonesia pun termasuk menjadi salah satu negara yang mulai melihat metaverse sebagai teknologi yang perlu dikembangkan.

Tak terkecuali dari sektor gaming, Luthfi Halimawan mengatakan metaverse juga menjadi babak baru bagi para gamers.

Hal itu karena para pemain game berpotensi merasakan pengalaman baru dan berbeda dari teknologi game masa kini.

Baca juga: Dua raksasa teknologi bentuk forum metaverse

Metaverse akan membuat pengalaman bermain game menjadi tidak biasa dan jauh berbeda dari apa yang saat ini kita rasakan. Pengalaman imersif yang diberikan oleh metaverse akan membuat seolah-olah kita dapat menjadi bagian dari game tersebut. Saya sangat menantikan kehadiran metaverse dan melihat apa yang dapat dilakukan untuk lebih terhubung dengan orang lain,” ujar Luthfi.

Meta hingga 7 Agustus 2022 menghadirkan pengalaman bagi masyarakat di Ibu Kota Jakarta untuk merasakan gerbang dari metaverse lewat Metaverse Cafe di Titik Temu M Bloc Space.

Ada sepuluh kreator yang membagikan kisah unik mereka disertai 20 pengalaman Augmented Reality (AR) yang bisa dicoba langsung oleh masyarakat.

Adapun efek AR itu dibuat oleh kreator-kreator Spark AR muda yang tergabung dalam program Metavolution, sebuah program bootcamp kolaborasi antara Meta dan Hacktiv8 menyiapkan talenta digital untuk menyambut metaverse.

Baca juga: Mengintip gerbang metaverse lewat Metaverse Cafe

Baca juga: Tinder batal hadirkan kencan di metaverse

Baca juga: Telkom bikin mall dan showroom mobil di dunia Metaverse

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022