Denpasar (ANTARA) -
Sebanyak 872 personel Kepolisian Daerah Bali siap mengamankan perlombaan balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) di Gianyar, Bali, Minggu (7/8/2022).
 
Karo Ops Polda Bali, Komisaris Besar Polisi Firman Nainggolan, dalam sambutannya di Gianyar, Bali, Sabtu, menyatakan personel yang tergabung dalam pelaksanaan pengamanan jangan menganggap remeh ajang balap sepeda internasional GFNY, di Gianyar, Bali, pada 2022.
 
“Rute GFNY sangat jauh. Peserta akan start sekitar pukul 06.00 Wita dan akan finish sore hari pukul 15.00 Wita. Gunakan alat komunikasi, seperti HT (Handie talkie) untuk memonitor pergerakan peserta balap sepeda GFNY. Untuk daerah yang jaringan HT-nya kosong agar memberikan laporan melalui handphone,” kata Nainggolan saat mengecek kesiapan pasukan di Pantai Masceti, Gianyar, Sabtu.
 
Ia berharap, personel yang ditugaskan melaksanakan tugas pengamanan tersebut dengan sungguh-sungguh, agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar. Selanjutnya dia meminta para kepala Satuan Tugas agar mengatur penempatan personel secara efektif, sehingga seluruh rangkaian kegiatan GFNY 2022 dapat berjalan baik.
 
"Apabila mengalami kendala dalam pengamanan agar segera dilaporkan kepada pimpinan secara berjenjang," kata dia. Dalam pengamanan balap sepeda GFNY Bali 2022, Kepolisian Daerah Bali dan jajaran menggelar operasi kepolisian dengan sandi Ops Gapura Agung VI-2022.
 
GFNY adalah seri maraton olah raga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 negara. Total peserta pertahun mencapai 30.000 peserta, yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York.
 
GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun internasional.
 
Ajang ini mulai dilakukan pertama kali pada tahun 2016 dan 2017 di Lombok, dan 2018 di Samosir. GFNY Bali terakhir digelar pada awal tahun 2020 saat COVID-19 masuk ke Indonesia.
 
Ketua panitia acara GFNY 2022, Endra, Selasa (2/8/2022), saat bertemu dengan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, mengatakan rute GFNY Bali terbagi menjadi dua yakni kategori long 137 km dan medium 102 km yang melewati pesisir pantai dan area gunung. Untuk menambah semaraknya acara, digelar juga Bike Expo pada tanggal 5-7 Agustus di Gianyar dimana akan ada gerai-gerai dari berbagai macam industri.
 
Endra berharap pergelaran internasional tersebut dapat menggerakkan kembali perekonomian dengan hadirnya peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong, Inggris, Perancis, Italia, Amerika Serikat, dan beberapa negara lain.
 
"Besar harapan kami agar GFNY Bali Element Camp 2022 turut serta berperan dalam menstimulus sektor industri pariwisata yang mana kita tetap bisa saling terhubung, saling berbagi, saling belajar dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata Indonesia," kata dia.
 
Sementara itu, Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace menyambut baik dipilihnya Bali sebagai tuan rumah ajang olah raga Internasional balap sepeda GFNY Championship Asia tersebut.
 
Ajang itu, kata dia, sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022