Solo (ANTARA) - Antrean penonton mulai terlihat mengular di kawasan Stadion Manahan, Solo, Sabtu, menjelang penutupan ajang ASEAN Para Games 2022, pesta olahraga terbesar bagi para atlet difabel se-Asia Tenggara.

Para petugas, termasuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mulai bersiaga di sejumlah titik masuk penonton di Stadion Manahan.

"Mohon diperhatikan. Penonton tidak diperbolehkan membawa minuman, hand sanitizer, rokok, vape, korek api, powerbank," terdengar lantang imbauan petugas dari pengeras suara di lapangan.

Penonton, kebanyakan anak-anak muda mengantre dengan tertib dan menunggu giliran diperiksa petugas sebelum masuk ke stadion.

Untuk menyaksikan penutupan APG 2022, masyarakat memang digratiskan tiketnya, tetapi harus mendaftar dulu di Instagram ASEAN Para Games Solo 2022 (@aseanpg2022).

Setelah mendaftar, mereka harus menukarkan ke tiket di loket-loket penukaran yang sudah disediakan.

Baca juga: Tim gabungan pertebal pengamanan acara penutupan APG 2022 di Solo

Penutupan ASEAN Para Games 2022 dihadiri sekitar 10.000 orang. Panitia pelaksana mengurangi kapasitas penonton untuk masyarakat umum.

Saat pembukaan, tiket bagi umum berjumlah 4.500 tiket, kini hanya dibagikan 2.000 tiket saja.

Pada upacara penutupan APG 2022 di Stadion Manahan, Solo, dilakukan pengamanan berlapis. Pemeriksaan dilakukan mulai dari gerbang terluar hingga pintu masuk di dalam area stadion.

Presiden RI Joko Widodo direncanakan menutup perhelatan olahraga dua tahunan itu, dihadiri sejumlah jajaran pejabat negara.

Kontingen Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan total 177 emas, 141 perak, 110 perunggu.

Hasil ini mengulang pencapaian Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di Asia Tenggara edisi sebelumnya pada 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketika itu, Indonesia juga menjadi juara umum setelah mengumpulkan 126 emas, 75 perak, 50 perunggu.

Secara keseluruhan, Indonesia tercatat tiga kali menjadi jawara setelah prestasi serupa juga terjadi di ASEAN Para Games 2014 di Naypyidaw, Myanmar.

Baca juga: Presiden Jokowi tutup ASEAN Para Games XI 2022 di Surakarta
Baca juga: Indonesia pastikan juara umum ASEAN Para Games

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022