Solo (ANTARA) - Cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes, ikut menonton langsung upacara penutupan ajang olahraga dua tahunan, ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo.

Jan Ethes duduk di kursi VVIP diapit Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana di tribun utama Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam.

Mengenakan kaus putih dan dibalut jaket berwarna merah, cucu orang nomor satu di Indonesia yang baru kelas satu SD itu ikut berdiri dan melambaikan tangan saat defile 11 negara peserta olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara itu.

Selain Jan Ethes, di kursi paling depan juga mendampingi Kepala Negara yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF) Osoth Bhavilai.

Tak ketinggalan Wali Kota Surakarta yang juga ayah dari Jan Ethes, Gibran Rakabuming Raka juga mendampingi Presiden Joko Widodo. Gibran juga merupakan Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc).

Baca juga: Presiden hadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan

Pejabat negara lain yang ikut mendampingi Jokowi dalam kegiatan di Solo di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Setelah Indonesia, pada pelaksanaan ASEAN Para Games 2023 dijadwalkan Kamboja menjadi tuan rumah ajang olahraga multicabang itu.

Kontingen Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan total 177 emas, 141 perak, 110 perunggu.

Hasil ini mengulang pencapaian Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di Asia Tenggara pada 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketika itu, Indonesia juga menjadi juara umum setelah mengumpulkan 126 emas, 75 perak, 50 perunggu.

Secara keseluruhan, Indonesia tercatat tiga kali menjadi jawara setelah prestasi serupa juga terjadi di ASEAN Para Games 2014 di Naypyidaw, Myanmar.

Baca juga: "Moving on" Andien awali upacara penutupan APG 2022
Baca juga: Indonesia dapat medali di semua cabang olahraga ASEAN Para Games 2022

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022