Pada Sabtu (6//8) hari ini ada penambahan sebanyak 121 kasus, dan yang terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin yakni 85 kasus, sehingga hingga total pasien positif COVID-19 di Banjarmasin sebanyak 737 orang
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan penularan COVID-19 di wilayah itu kembali naik di atas 100 kasus, tepatnya 121 kasus pada Sabtu (6/8) ini sehingga total pasien sebanyak 1.150 orang.

"Pada Sabtu (6//8) hari ini ada penambahan sebanyak 121 kasus, dan yang terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin yakni 85 kasus, sehingga hingga total pasien positif COVID-19 di Banjarmasin sebanyak 737 orang," kata Kepala Dinkes Provinsi Kalsel dr Diauddin di Banjarmasin, Sabtu.

Karena itu, ia meminta masyarakat, khususnya di Kota Banjarmasin, untuk terus waspada dan ketat disiplin protokol kesehatan, karena kenaikan kasus COVID-19 terus di atas 100 kasus.

Menurut dia status 13 kabupaten/kota termasuk Kota Banjarmasin saat ini masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Dengan demikian, lanjut dia, pelaksanaan vaksinasi, khususnya dosis ketiga atau booster terus digencarkan, hingga kekebalan kelompok terus meluas.

Sebab, capaian vaksinasi booster COVID-19 di Kalsel masih di bawah 25 persen dari target sekitar 3 juta orang.

Menurut dia pasien COVID-19 dengan banyaknya warga yang mengikuti vaksinasi, untuk capaian dosis pertama sekitar 95,98 persen, capaian vaksinasi dosis lengkap atau dosis kedua sudah 76,38 persen, hingga mengalami gejala ringan.

Meski demikian, ada juga beberapa yang harus dirawat di rumah sakit, namun hanya sekitar 10 persennya dari total yang terinfeksi.

"Saat ini sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 kembali diaktifkan," katanya.

Dari laporan Dinkes Kalsel pada Sabtu ini juga ada tambahan pasien sembuh sebanyak 46 orang.

Mereka berasal dari Kota Banjarbaru sebanyak 20 orang, Kabupaten Banjar sebanyak delapan orang, Hulu Sungai Utara sebanyak lima orang.

Kemudian dari Tapin sebanyak empat orang, Barito Kuala sebanyak tiga orang, Tabalong dan Tanah Bumbu masing-masing sebanyak dua orang, Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah masing-masing satu orang.

Sehingga total sembuh selama pandemi di Kalsel sebanyak 82.568 orang dan meninggal dunia sebanyak 2.555 orang dari total sebanyak 86.281 kasus yang terpapar COVID-19, demikian  Diauddin.

Baca juga: COVID-19 di Kalsel bertambah 120 kasus

Baca juga: Sebanyak 71 pasien COVID-19 di Kalsel sembuh

Baca juga: Kalsel tambah 16 kasus COVID-19, terbanyak dari Banjarmasin-Banjarbaru

Baca juga: Dinkes Kalsel: Pasien terkonfirmasi COVID-19 bertambah 52 orang


Pewarta: Sukarli
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022