Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak menyukseskan perhelatan ASEAN Para Games XII tahun 2023 yang akan dilangsungkan di Kamboja.

Hal itu disampaikan Presiden dalam pidatonya dalam acara penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu malam.

"Kita sukseskan ASEAN Para Games tahun depan di Kamboja," seru Presiden Jokowi sebagaimana disaksikan secara virtual melalui tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Presiden Jokowi resmi tutup ASEAN Para Games XI

Presiden Jokowi atas nama masyarakat Indonesia menyampaikan banyak terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Kamboja Hun Many atas kesediaan Kamboja menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XII 2023.

Hun Many merupakan putra Perdana Menteri Kerajaan Kamboja, yang juga menduduki jabatan Ketua NPC Kamboja.

"Terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, terutama para atlet yang telah menunjukkan sportivitas persaudarannya," jelas Jokowi.

Presiden juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta dan masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah dalam perhelatan ASEAN Para Games XI Tahun 2022.

"Sampai jumpa di ASEAN Para Games XII Tahun 2023 di Kamboja," ujar Presiden.

Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 juga disaksikan langsung Ibu Negara Iriana Jokowi serta cucu sulung Presiden, Jan Ethes Srinarendra.

Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah mengantungi 177 medali emas, 141 perak, dan 110 perunggu.

Raihan tahun ini membuat Indonesia telah tiga kali menjadi juara umum pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara tersebut setelah 2014 di Naypyidaw, Myanmar, dan 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: Ganjar: Banyak negara ingin belajar keberhasilan ASEAN Para Games 2022
Baca juga: Busana tema ikon Indonesia warnai defile penutupan APG 2022

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022