Hingga hari ke 10 kami tidak menemukan tanda-tanda korban dan sesuai hasil kesepakatan, operasi ini ditutup
Parigi Moutong, Sulteng (ANTARA) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Palu mengatakan operasi SAR empat korban banjir bandang di Desa Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ditutup dengan hasil nihil pada pencarian.

"Hingga hari ke 10 kami tidak menemukan tanda-tanda korban dan sesuai hasil kesepakatan, operasi ini ditutup," kata Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Palu Andi Sultan di Torue, Parigi Moutong, Sabtu.
 
Ia mengemukakan, meski operasi sudah ditutup tetapi giat pemantauan tetap dilakukan oleh personel Pos SAR Parigi.

​​​​​​Tim SAR gabungan telah melakukan penyisiran dari pesisir pantai sektor Utara Desa Torue hingga ke muara Desa Tindaki dan penyisiran sektor Selatan hingga pesisir pantai pesisir pantai Kecamatan Sausu Parigi Moutong dibagi menjadi dua grup/SRU.

Baca juga: Enam alat berat dioperasikan untuk bersihkan sisa banjir di Torue
 
Pencarian hari terakhir, tim SAR di bantuan alat berat excavator di area reruntuhan rumah korban, namun tidak ada tanda-tanda yang ditemukan hingga Pukul 17.00 Wita.
 
"Tim SAR gabungan melakukan evaluasi dan rapat bersama pemerintah setempat serta keluarga korban guna mengakhiri pencarian sesuai dengan waktu penambahan operasi," ucap Andi.
 
Ia menjelaskan jika selama pemantauan ditemukan adanya tanda-tanda keberadaan korban maka pencarian akan diaktifkan kembali.
 
Empat korban yang dinyatakan hilang pada peristiwa banjir bandang di Desa Torue Kamis (28/8) malam semuanya adalah perempuan, satu di antaranya balita.

Baca juga: Banjir bandang di Torue menyebabkan setidaknya 63 rumah rusak
 
"Tim SAR gabungan sudah melakukan tugasnya secara maksimal, namun belum membuahkan hasil. Kami berterima kasih dengan para pihak yang terlibat dalam operasi ini. Setelah operasi di tutup, unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing," tutur Andi.
 
Bencana alam di Desa Torue memaksa 336 kepala keluarga (KK) mengungsi dari 507 KK yang terdampak dan merusak 63 rumah warga terdiri dari 32 rumah rusak berat, 21 rusak ringan serta 10 rumah hilang tersapu banjir.

Baca juga: Basarnas operasikan alat berat untuk cari korban banjir di Torue

Baca juga: BPBD prioritaskan pencarian korban banjir Torue

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022