Solo (ANTARA) - Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) menyerahkan bendera ASEAN Para Sports Federation (APSF) kepada Kamboja yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan ASEAN Para Games 2023.

Penyerahan bendera itu diberikan secara estafet mulai dari Ketua Pelaksana INASPOC Gibran Rakabuming Raka, kemudian diserahkan kepada Senny Marbun selaku Ketua NPC Indonesia. Dari Senny, bendera diberikan kepada Presiden ASEAN Para Sports Osoth Bhavilai.

Bendera kemudian diserahkan kepada putra Perdana Menteri Kerajaan Kamboja Hun Many dan berakhir di tangan Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee Kamboja Yi Veasna.

Penyerahan bendera APSF ini ditutup dengan pengibaran bendera Kamboja yang diiringi lagu kebanggsaannya, Noko Reach. Tak lupa tarian resmi berlatar belakang keindahan negara Kamboja turut dipentaskan.

Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak menyukseskan perhelatan ASEAN Para Games XII di Kamboja pada 2023 yang disampaikan dalam acara penutupan ASEAN Para Games XI di Stadion Manahan, Solo, Sabtu.

"Kita sukseskan ASEAN Para Games tahun depan di Kamboja," seru Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi atas nama masyarakat Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpik Nasional Kamboja Hun Many atas kesediaan Kamboja menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XII 2023.

Sementara itu, Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF) Osoth Bhavilai menyatakan keramahan Solo dan warganya tetap dirasakan di hati masyarakat kawasan meski ajang olahraga difabel, ASEAN Para Games ke-11 resmi ditutup.

"ASEAN Para Games telah berakhir malam ini. Kita berpisah, tapi Solo dan orangnya yang ramah tetap di hati kami," kata Presiden APSF Osoth Bhavilai pada penutupan ASEAN Para Games ke-11 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam.


Baca juga: Menpora apresiasi INASPOC yang dalam waktu singkat sukseskan APG 2022
Baca juga: Presiden APSF: Keramahan Solo tetap di hati
Baca juga: Presiden ajak sukseskan ASEAN Para Games 2023 di Kamboja
Baca juga: Presiden Jokowi resmi tutup ASEAN Para Games XI

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022