Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan membuka Kejuaraan Nasional Atletik 2022 di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, yang disebutnya menjadi momentum kebangkitan cabang olahraga tersebut pascapandemi COVID-19.

"Dampak dari pandemi COVID-19 hampir dua tahun tanpa kejuaraan apapun, hari ini mari kita jadikan kejurnas ini sebagai momentum kebangkitan cabang olahraga atletik," kata Luhut dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pria yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu memerintahkan kepada segenap pengurus PB PASI untuk memanfaatkan momentum melandainya kasus COVID-19 dengan sebaik-baiknya.

Ia meminta kompetisi-kompetisi kembali rutin digelar guna memberi ajang para atlet berprestasi sembari mencari bibit-bibit baru atletik.

Luhut juga mengaku bangga Kejurnas Atletik 2022 digelar bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI.

Baca juga: PASI pilih Jawa Tengah tuan rumah Kejurnas Atletik 2022

Kejurnas Atletik 2022 menandai untuk pertama kalinya ajang itu diselenggarakan di luar Jabodetabek dan menurut Luhut hal tersebut ditujukan untuk memberi kesempatan dan semangat baru bagi daerah.

Di sisi lain Luhut tetap mengingatkan agar masyarakat tetap kompak memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 dan menganjurkan pelaksanaan vaksinasi dosis penguat atau booster guna mengendalikan persebaran kasus yang disebabkan virus corona tersebut.

"Mengenai Covid, kita harus tetap kompak. Kalau kita semua kompak, Covid ini akan tetap bisa kita kendalikan. Oleh karena itu, tetap perhatikan protokol kesehatannya dan setiap pejabat harus betul mengingatkan untuk vaksin booster," ujarnya.

Selain para atlet yang berlomba di dalam lapangan GOR Tri Lomba Juang, Kejurnas Atletik 2022 juga turut diramaikan kehadiran para pelaku UMKM yang memamerkan berbagai macam produk lokal.

Hal ini dilakukan demi mengajak sebanyak-banyaknya pengunjung untuk hadir dan meramaikan gelaran acara ini sembari kembali mengenalkan serta menghadirkan olahraga bagi semua kalangan tanpa memandang status sosial.

Kejurnas Atletik 2022 melombakan 124 nomor dalam tiga kelompok usia yakni U-18, U-20, dan senior.

Baca juga: Kejurnas Atletik kembali bergulir di Semarang setelah absen dua tahun

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022