Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco memecahkan rekor Sirkuit Silverstone pada Sabtu demi mengklaim pole position Grand Prix Inggris ketika MotoGP bergulir kembali setelah jeda musim panas.

Zarco meraih pole keduanya musim ini dengan mencetak lap tercepat 1:57,767 di babak kualifikasi, mengalahkan pebalap Aprilia Maverick Vinales dengan margin 0,098 detik yang bakal start dari P2. Jack Miller dari tim pabrikan Ducati melengkapi baris terdepan di P3, demikian laman resmi MotoGP.

Rekan satu tim Vinales, Aleix Espargaro harus ditandu dari trek setelah mengalami highside dan terjatuh keras di sesi latihan terakhir. Sang pebalap Spanyol dibawa ke pusat medis untuk menjalani pemeriksaan setelah kecelakaan tersebut.

Espargaro dinyatakan fit untuk membalap meski mengalami sejumlah memar di kaki kanannya dan kembali turun di Q2 dan sempat memecahkan rekor lap sebelumnya dengan catatan 1:57,966 untuk pole provisional.

Pada akhir sesi kualifikasi kedua, sang pebalap Aprilia kemudian melorot ke P6 setelah disalip tiga pebalap teratas dan akan start di baris kedua bersama Fabio Quartararo (Yamaha) dan Francesco Bagnaia (Ducati).

Quartararo, yang merasakan manisnya podium teratas Silverstone tahun lalu, bakal harus menjalani penalti long lap sebagai hukuman menyusul insiden yang melibatkan Espargaro di balapan seri ke-11 di Assen, Belanda.

Baris ketiga dihuni para pebalap Ducati, yaitu rookie Marco Bezzecchi (VR46), Enea Bastianini (Gresini) dan Jorge Martin (Pramac).

Quartararo menuju Silverstone dengan status pemuncak klasemen berbekal keunggulan 21 poin dari rival terdekatnya, Aleix Espargaro.

Di saat Quartararo terjatuh di Assen, Espargaro menjadi satu-satunya pebalap yang selalu mencetak poin dalam 11 balapan MotoGP musim ini.


Baca juga: Zarco diganjar penalti mundur tiga posisi start untuk GP Prancis
Baca juga: Johann Zarco ungguli Joan Mir klaim pole position GP Portugal


Sepuluh besar hasil kualifikasi:
1. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) – 1:57,767
2. Maverick Viñales (Aprilia Racing) + 0,098
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,164
4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) + 0,171
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,194
6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) + 0,199
7. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 0,334
8. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP™) + 0,339
9. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) + 0,407
10. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) + 0,550


Baca juga: Quartararo tercepat di hari pertama latihan GP Inggris
Baca juga: Dovizioso bakal pensiun dari MotoGP di Misano, Crutchlow balapan lagi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022