Liga Inggris

Tottenham Hotspur menang meyakinan 4-1 atas Southampton

Tottenham Hotspur menang meyakinan 4-1 atas Southampton

Dejan Kulusevski (tengah) merayakan golnya bersama rekan setimnya Ryan Sessegnon dan Emerson Royal dalam pertandingan liga Inggris pekan pertama lawan Southampton di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris pada 6 Agustus 2022. ANTARA/Reuters/MATTHEW CHILDS

Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur menang meyakinkan 4-1 atas Southampton dalam pertandingan pekan pertama Liga Premier musim 2022/2023 di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu malam WIB.

Tuan rumah tertinggal lebih dahulu berkat gol James Ward-Prowse pada menit ke-12, sebelum berbalik unggul lewat gol Ryan Sessegnon pada menit ke-21, Eric Dier menit ke-31, bunuh diri Mohamed Salisu dan Dejan Kulusevski.

Kemenangan ini membuat skuad asuhan Antonio Conte untuk sementara memuncaki klasemen Liga Inggris.

Tottenham menyerang sejak awal, namun Southampton justru yang mengejutkan tuan rumah pada menit ke-12 ketika Moussa Djenepo menusuk dari sisi kiri untuk melepaskan  umpan silang ke depan gawang guna disambut sepakan voli  James Ward-Prowse yang tidak bisa dihentikan kiper Hugo Lloris.

Tottenham tersengat untuk semakin mengurung The Saint. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-21.

Dejan Kulusevski mengirimkan umpan silang dari sisi kanan menuju tiang jauh. Ryan Sessegnon yang muncul dari belakang menanduk bola menuju gawang Gavin Bazunu sehingga kedudukan berubah 1-1.

Tottenham menciptakan peluang pada menit ke-30. Menerima umpan panjang, Son Heung-min menusuk ke sisi kiri kotak penalti, tetapi sepakannya dibendung oleh Bazunu.

Baca juga: Liverpool buka musim diimbangi Fulham 2-2

Satu menit kemudian Tottenham balik memimpin setelah pada menit ke-31 Son melepaskan umpan silang dari sisi kiri yang disundul Eric Dier  di tiang dekat untuk menggetarkan jala Southampton. 

Tottenham tak mengendurkan serangan meski sudah unggul. Ben Davies melepas tendangan jarak jauh pada menit ke-37, tapi kali ini Bazunu sigap menepis bola.

Pada menit akhir babak pertama, Bazunu kembali beraksi. Ia dengan gemilang bisa membendung tendangan jarak dekat Harry Kane.

Dua menit selepas jeda, Sessegnon kembali menggetarkan gawang lawan setelah menusuk di sisi kiri. Namun, gol ini dianulir karena pemain asal Inggris ini lebih dulu offside.

Tottenham akhirnya mencetak gol ketiga pada menit ke-61. Emerson Royal terbebas dari jebakan offside di sisi kiri kotak penalti sebelum melepaskan umpan tarik yang salah diantisipasi oleh Mohamed Salisu hingga masuk gawang sendiri.

Pasuka Antonio Conte tak butuh waktu lama untuk kembali mencetak gol keempat ketika pada menit ke-63 Emerson kembali berperan dalam gol Tottenham dengan melepaskan umpan tarik dari sisi kanan yang disambut Dejan Kulusevski yang melepaskan tembakan terukur ke pojok kanan gawang Southampton.

Skor 4-1 untuk Tottenham mengakhiri 90 menit.

Susunan Pemain:
Tottenham Hotspur (3-4-5-2-1): Hugo Lloris; Cristian Romero, Eric Dier, Ben Davies (Clement Lenglet 86'); Emerson Royal (Matt Doherty 87'), Pierre-Emile Hojbjerg, Rodrigo Bentancur (Yves Bissouma 86'), Ryan Sessegnon (Ivan Perisic 66'); Dejan Kulusevski (Lucas Moura 86'), Harry Kane, Son Heung-Min.

Southampton (5-3-2): Gavin Bazunu; Yan Valery (Jack Stephens 46'), Mohamed Salisu, Jan Bednarek, Kyle Walker-Peters (Nathan Redmond 90'); Oriol Romeu (Ibrahima Diallo 75'), James Ward-Prowse; Romeo Lavia, Joe Aribo, Moussa Djenepo (Romain Perraud 72'); Adam Armstrong (Stuart Armstrong 46').

Baca juga: Arteta puas Arsenal bisa awali liga musim ini dengan kemenangan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar