Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol pada babak pertama yang dilesakkan kapten Marco Reus sudah cukup membawa Borussia Dortmund menaklukkan Bayer Leverkusen 1-0, sementara Union Berlin memetik kemenangan 3-1 atas seteru sekota Hertha Berlin dalam derbi Berlin, Sabtu waktu setempat.

Dalam pertandingan yang biasanya saling menyerang antara Dortmund dan Leverkusen, justru pemain baru Dortmund Nico Schlotterbeck bermain cemerlang di pertahanan.

Setelah agak kikuk dalam pembukaan laga, tuan rumah memimpin pada menit kesembilan ketika Reus menuntaskan pergerakan tim yang apik yang diawali dari sebuah tusukan pemain Dortmund asal Inggris, Jude Bellingham.

Baca juga: Bos Dortmund akui kemungkinan harus cari pengganti Sebastien Haller

Bellingham merebut bola dari penguasaan Leverkusen dan mengarahkannya kepada striker Dortmund berusia 17 tahun Youssoufa Moukoko, yang melayangkan umpan silang di depan gawang ke arah debutan Bundesliga Karim Adeyemi.

Hradecky sebenarnya berhasil menepis tendangan Adeyemi, tetapi Reus kemudian menyarangkan bola muntah itu ke dalam gawang Leverkusen.

Pada menit tambahan, Hradecky diganjar kartu merah karena memegang bola di luar kotak penalti.

Sementara itu dalam derbi Berlin, striker Jordan Siebatcheu mencetak gol dalam debutnya di Bundesliga untuk turut mengantarkan Union Berlin mengandaskan Hertha 3-1.

Didatangkan musim panas ini untuk menggantikan Taiwo Awoniyi yang bergabung dengan Nottingham Forest, Siebatcheu meneruskan bola hasil umpan silang Sheraldo Becker melewati hadangan Oliver Christensen sehingga Union unggul pada menit ke-32.

Becker menggandakan kedudukan pada menit ke-50, sebelum Robin Knoche menyundul tendangan sudut Christopher Trimmel empat menit kemudian untuk menyempurnakan kemenangan Union.

Pemain sayap Hertha Dodi Lukebakio mencetak gol pelipur lara pada menit-menit terakhir.

Baca juga: RB Leipzig percaya diri bisa pulangkan Timo Werner dari Chelsea

Union kini sudah empat kali berturut-turut mengalahkan Hertha dan hanya kalah dua kali dari tujuh pertandingan Bundesliga sejak promosi ke divisi elite ini pada 2019.

Dalam pertandingan lainnya, Werder Bremen merayakan kembalinya mereka ke Bundesliga setelah satu tahun bekutat di divisi kedua, dengan memetik satu poin usai mengimbangi Wolfsburg 2-2.

Dalam pertandingan Bundesliga pertamanya di bawah asuhan mantan pelatih Bayern Muenchen dan AS Monaco, Niko Kovac, Wolfsburg memimpin lebih dulu dari gol yang dibuat Lukas Nmecha usai memperdaya kiper Jiri Pavlenka.

Bremen membalas dengan dua gol cepat melalui Niclas Fuellkrug pada menit ke-21 dan Leonardo Bittencourt pada menit ke-23 untuk balik unggul pada babak pertama.

Niko Kovac kemudian memasukkan Max Kruse pada menit ke-76 sebagai pergantian pemain yang terakhirnya.

Kruse yang mencetak 35 gol dalam 94 pertandingan bersama Bremen, merancang gol penyama kedudukan dengan melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang disambut sempurna oleh Josuha Guilavogui menjadi gol.

Tim lain yang mengawali musim baru dengan kemenangan adalah Borussia Moenchengladbach. Di bawah asuhan manajer baru Daniel Farke, Gladbach mengalahkan 10 pemain Hoffenheim di kandangnya sendiri dengan 3-1.

Baca juga: Bayern Muenchen kontrak pemain muda Prancis Mathys Tel

Hoffenheim lebih dulu unggul pada menit ke-25 melalui Robert Skov tepat setelah bek Stefan Posch menerima kartu kuning kedua karena melakukan tekel keras terhadap Ramy Bensebaini.

Hoffenheim kemudian kebobolan akibat gol Bensebaini pada menit ke-41, yang disusul dengan gol Marcus Thuram pada menit 71 dan Nico Elvedi pada menit 78.

Dalam laga lainnya, dikalahkan finalis Piala Jerman musim 2021-2022, SC Freiburg melanjutkan performa kuatnya selama dilatih Christian Streich, dengan mencetak empat gol pada babak kedua ketika menang 4-0 melawan Augsburg.

Michael Gregoritsch mencetak gol pembuka Freiburg beberapa detik setelah turun minum, sebelum spesialis bola mati Vincenzo Grifo menggandakan kedudukan pada menit ke-47.

Pemain baru Matthias Ginter menambahkan gol ketiga pada menit ke-61, sebelum pemain sesama rekrutan baru asal Jepang Ritsu Doan mencetak gol keempat pada menit ke-78.

Mainz juga menang. Tim ini mengalahkan Bochum 2-1 berkat dua gol yang diciptakan striker asal Austria, Karim Onisiwo.

Dalam pertandingan pembuka musin ini Jumat lalu juara bertahan Bayern Muenchen mengawali kampanye memburu gelar juara liga yang ke-11 berturut-turut, dengan membantai 6-1 juara Liga Europa Eintracht Frankfurt, demikian laporan AFP.

Baca juga: Atalanta resmikan kedatangan Ademola Lookman

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022