Belitung, Babel (ANTARA) -



Sebanyak 107 haji asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin Belitung, Minggu pukul 13.35 WIB.

"Alhamdulillah, 107 haji asal Belitung ditambah tiga haji asal Belitung Timur sampai ke Tanah Air dengan selamat," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Belitung Suyanto di Tanjung Pandan, Minggu.

Baca juga: IPHI Belitung: Jamaah haji harus menjadi teladan bagi masyarakat

Menurut dia, setibanya di Bandara Internasional H AS Hanandjoeddin Belitung jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang empat langsung menjalani pemeriksaan COVID-19 di Base Ops Lanud ASH Hananjoeddin Belitung oleh petugas Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat.

"Sebelum kembali ke keluarganya, jamaah haji menjalani pemeriksaan COVID-19 terlebih dahulu," kata Suyanto.

Dia menjelaskan, pemeriksaan COVID-19 wajib dilakukan setelah sebelumnya jamaah haji telah menempuh perjalanan panjang untuk kembali ke Tanah Air.

Baca juga: Tim Imigrasi Palembang layani kepulangan haji hingga 12 Agustus

"Mereka bertolak dari Madinah menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menggunakan pesawat Saudi Airlines pada Sabtu (6/8) pukul 18.50 Waktu Arab Saudi (WAS) dan tiba di Tanah Air pada hari ini pukul 08.30 WIB," ujarnya.

Selanjutnya jamaah haji asal daerah itu berpindah pesawat untuk diberangkatkan dari debarkasi Palembang menuju Belitung pada pukul 12.30 WIB dan tiba pukul 13.35 WIB.

Suyanto menambahkan, jamaah haji dapat kembali berkumpul bersama keluarga jika hasil pemeriksaan dinyatakan negatif COVID-19.

Baca juga: Pemerintah akan mengevaluasi besaran biaya haji

"Namun apabila ditemukan ada yang positif COVID-19 nanti ada standar operasional prosedur selanjutnya yang telah disiapkan oleh petugas," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022