JFC tidak hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Jember, tetapi juga Indonesia karena even JFC 2022 telah tembus Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan kalender kegiatan pariwisata nasional
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan mengangkat karnaval busana kelas dunia Jember Fashion Carnaval (JFC) dalam kalender  pariwisata internasional.

"JFC tidak hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Jember, tetapi juga Indonesia karena even JFC 2022 telah tembus Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan kalender kegiatan pariwisata nasional," katanya saat memberikan sambutan dalam Grand Carnival JFC di halaman Kantor Pemkab Jember, Jawa Timur, Minggu malam.

Ia mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepadanya agar JFC bisa diangkat sebagai even internasional, sehingga diharapkan dapat memperkuat citra Wonderful Indonesia.

"JFC telah sukses menggelar kegiatan selama 20 tahun dan sudah menjadi ikon Kabupaten Jember yang eksistensinya dimulai dari daerah, nasional hingga internasional," katanya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi karnaval kelas dunia JFC yang telah memberikan resonansi tidak hanya di Jember, namun di Indonesia, bahkan dunia.

"Melalui JFC, semuanya menciptakan inovasi dan kreativitas, para talent, UMKM di Jember bisa bangkit dengan seluruh elemen lain, sehingga saya berharap JFC didaftarkan pada katalog agenda internasional oleh Kemenparekraf," tuturnya.

Grand Carnival JFC dihadiri oleh Putri Indonesia 2022 Laksmi Shari De-Neefe Suardana dan Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla yang juga berlenggak-lenggok di depan Kantor Pemkab Jember dengan menggunakan salah satu kostum defile.

JFC 2022 mengambil tema "The Legacy" yang memang spesial ditampilkan dalam perjalanan JFC di usia dua dekade tersebut dengan menampilkan busana defile terbaik selama satu dekade terakhir yakni defile Madurese, Defile Mahabharata, Defile Betawi, Defile Majapahit, Defile Garuda, Defile Sriwijaya, Defile Kujang, Defile Aztecs, Defile Sasando, dan Defile Poseidon.

Ratusan peserta Grand Carnival JFC akan berlenggak-lenggok di jalan sepanjang 3,6 kilometer dengan menampilkan busana terbaik hasil kreativitas anak negeri di Kabupaten Jember dan berbagai daerah yang berpartisipasi dalam karnaval kelas dunia itu.

Baca juga: "Jember Fashion Carnaval" resmi dicanangkan sebagai karnaval dunia
Baca juga: Wakil dari mancanegara berpartisipasi di World Kids Carnival di Jember
Baca juga: Jember Fashion Carnaval dan Citayam Fashion Week

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022