Makassar (ANTARA) - Ribuan warga dari berbagai komunitas pemuda dan pelaku usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) berkumpul mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

"Antusias masyarakat Makassar tak terduga. Dari pamflet yang disebar, ternyata ada ribuan warga hadir mendukung Pak Ganjar dan mengikrarkan diri sebagai relawan. Sebagian mereka datang dari 136 komunitas pemuda dan UMKM," kata Ketua Des Ganjar Makassar, Rudini, di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan gerakan akar rumput tersebut didasari keinginan masyarakat desa untuk bisa maju melalui sejumlah program kesejahteraan yang digagas Ganjar, seperti Lapak Ganjar bagi UMKM, Hetero Space demi meningkatkan skill entrepreneurship kaum milenial, maupun pendidikan gratis, hingga beasiswa ke luar negeri.

"Kami berawal dari komunikasi kecil-kecilan bagaimana mengembangkan potensi anak-anak muda, UMKM dan kebudayaan yang ada di Makassar. Setelah kami melihat program yang digagas pak Ganjar, itulah cita-cita kalangan muda agar bisa di bawa menjadi program nasional," papar Rudini.

Pihaknya berharap pemimpin Indonesia ke depan memiliki sosok sederhana, humoris, tetapi juga tegas, egaliter merangkul masyarakat, dan demokratis menampung suara rakyat dalam memimpin negara.
 
Ribuan warga kota dari seratusan komunitas pemuda dan pelaku UMKM bersama relawan Des Ganjar bersiap meramaikan jalan santai di sela deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada Pemilu serentak 2024 di anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/8/2022). ANTARA




Ketua Des Ganjar Sulawesi Selatan, Muhammad Darwis menambahkan, sosok Ganjar diterima oleh kalangan masyarakat baik di kabupaten kota hingga desa pelosok Sulsel. Alasannya, karena kepedulian dan kepekaannya pada kalangan menengah ke bawah.

"Alhamdulillah, di Makassar masyarakat menyambut antusias kehadiran Des Ganjar dan mendukungnya. Beliau peduli masyarakat kecil dan memprioritaskan pengembangan wisata dengan UMKM di desa-desa supaya di desa bisa menyamai dengan di kota," tambahnya

Darwis berharap, Des Ganjar dapat menjadi pemersatu aspirasi rakyat dalam mendukung Ganjar Presiden 2024. Caranya, melalui blusukan ke desa-desa lain di wilayah Sulsel.

Selain deklarasi, para peserta juga turut meramaikan jalan sehat melalui rute Pantai Losari-Jalan Lamadukelleng-Jalan Haji Bau- hingga finish di Pantai Losari, selanjutnya senam bersama dan dihibur penampilan tarian Paraga khas Sulsel.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022