Allhamdulilah semua jamaah haji kita dalam keadaan sehat. Semua telah dipulangkan
Praya, NTB (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, semua jamaah haji embarkasi Lombok telah tiba di Tanah Air setelah dipulangkan dari embarkasi Mekkah, Arab Saudi sejak tanggal 1-8 Agustus 2022.

"Sebanyak 2.064 jamaah haji asal Provinsi NTB telah tiba di Tanah Air," kata Kepala Kemenag Provinsi NTB, Zaidi Abdad di Praya, Lombok Tengah, enin.

Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan kesehatan memang ada yang ditemukan reaktif setelah dilakukan tes usap antigen dan PCR. Namun, para jamaah haji tersebut dalam keadaan sehat dan telah dilakukan penanganan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

"Allhamdulilah semua jamaah haji kita dalam keadaan sehat. Semua telah dipulangkan," kata Zaidi Abdad.

Sementara itu Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto mengatakan, semua jamaah haji embarkasi Lombok telah dipulangkan mulai tanggal 1-8 Agustus dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Hari ini, 99 jamaah haji kloter enam asal Kabupaten Lombok Tengah telah tiba di bandara 08.25 Wita," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 389 jamaah haji kloter pertama asal Kota Mataram telah tiba pada hari Senin tanggal 1 Agustus. Kemudian, 389 Jamaah haji kloter kedua asal Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa Barat tiba tanggal 3 Agustus.

Sebanyak 388 Jamah haji kloter tiga asal Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Dompu tiba pada tanggal 4 Agustus. Selanjutnya, 387 jamaah haji kloter empat asal Kabupaten Sumbawa, Kota Bima dan Kabupaten Bima tiba pada tanggal 4 Agustus. 389 jamaah haji kloter lima asal Kabupaten Lombok Tengah tiba di Bandara Lombok pada tanggal 6 Agustus dan 99 Jamaah haji kloter enam tiba tanggal 8 Agustus.

"Semua jamaah haji embarkasi Lombok asal NTB telah pulang semua," katanya.

Setelah tiba di Bandara Lombok, para jamaah haji langsung dibawa menggunakan bus ke Asrama Haji Mataram untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan langsung di Asrama Haji Mataram," demikian Arif Haryanto.


Baca juga: Jamaah haji Kloter Empat Embarkasi Lombok telah tiba di Tanah Air

Baca juga: Kena serangan jantung sesampai di Lombok, satu haji NTB meninggal

Baca juga: 455 haji kloter pertama NTB tiba di Lombok

Baca juga: Kemenag: BPIH embarkasi Lombok turun

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022