Penghargaan Upakarti yang dilaksanakan sejak 1985 merupakan bentuk apresiasi yang telah diberikan kepada 1.130 orang dan atau instansi sebagai penerima
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menggelar Penghargaan Upakarti 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada pihak yang berprestasi, berjasa, dan aktif melakukan pengembangan dan pembinaan sektor industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia.

"Saya berharap dengan pemberian penghargaan Upakarti ini dapat meningkatkan kesadaran dan memberikan motivasi serta prakarsa masyarakat baik perseorangan, lembaga, organisasi, atau perusahaan untuk berperan aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan IKM," kata Menperin secara virtual di Jakarta, Senin.

Hal tersebut, lanjut Menperin, guna meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja di seluruh wilayah Indonesia.

Agus menyampaikan penghargaan Upakarti yang dilaksanakan sejak 1985 merupakan bentuk apresiasi yang telah diberikan kepada 1.130 orang dan atau instansi sebagai penerima penghargaan.

Penghargaan Upakarti adalah penghargaan di bidang perindustrian yang diberikan kepada pihak yg berprestasi, berjasa, dan aktif melakukan pembangunan dan pemberdayaan dalam bidang IKM.

Keberadaan IKM penting dalam penyediaan lapangan usaha dan tenaga kerja yang terbukti mampu menopang kegiatan ekonomi berskala nasional.

Pemberian penghargaan Upakarti diperlukan untuk memicu dan mendorong tumbuhnya IKM yang tangguh, kuat, dan mandiri yang bisa tetap berkembang secara berkelanjutan.

Penghargaan itu juga mendorong tujuan memotivasi dan memprakarsa masyarakat baik orang perseorangan, lembaga, organisasi, atau perusahaan agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan IKM guna meningkatkan kesempatan berusaha dan kesempatan bekerja di seluruh wilayah Indonesia.

Penghargaan itu akan diberikan dalam dua kategori, yakni jasa pengabdian dan jasa kepeloporan.

Kategori jasa pengabdian diberikan kepada orang perseorangan warga Indonesia atau organisasi yang telah mengembangkan IKM paling sedikit lima tahun berturut-turut serta belum pernah menerima penghargaan Upakarti.

Selanjutnya, kategori jasa kepeloporan diberikan kepada perusahaan berskala menengah atau besar yang berkedudukan di Indonesia yang melakukan pembangunan dan pemberdayaan IKM melalui pengembangan penguatan keterkaitan dan hubungan kemitraan dengan prinsip saling menguntungkan.

Saat ini, tengah dibuka pendaftaran sampai dengan 22 Agustus 2022 dan bagi masyarakat yang ingin mendaftar, bisa mengakses upakarti.kemenperin.go.id.

Setelah proses pendaftaran, selanjutnya yakni seleksi, penilaian, hingga penjurian. Proses tersebut dijadwalkan akan selesai pada awal Oktober 2022 dan Presiden Joko Widodo akan menyerahkan penghargaan tersebut pada November 2022.

Baca juga: Apresiasi IKM, Wapres anugerahkan penghargaan Upakarti dan IGDS
Baca juga: Kemenperin: Penghargaan Upakarti 2020 masuki tahap penjurian
Baca juga: Kemenperin siapkan gelaran Penghargaan Upakarti 2020


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022