Sangihe, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah (PMDD) segera menggelar pemilihan kapitalaung atau kepala desa Pengganti Antara Waktu (PAW) di enam desa di daerah itu.

"Kami segera laksanakan pemilihan kapitaluang di enam kampung yang saat ini dipimpin oleh penjabat," kata Kepala Dinas PMDD Kabupaten Sangihe, Frans Porawouw di Tahuna, Senin.

Menurut dia, dinas PMDD saat ini sementara mempersiapkan administrasi termasuk petunjuk teknis pemilihan.

"Dokumen pendukung sementara kami siapkan termasuk petunjuk teknis yang diuraikan dalam surat edaran," kata dia.

Dasar hukum pemilihan penggantian antara waktu kapitalaung kata dia, menggunakan Permendagri nomor 65 tahun 2017 dan Perda nomor 1 tahun 2018 tentang pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kapitalaung serta perangkat kampung.

Enam kampung yang segera dilaksanakan pemilihan kapitalaung adalah Kampung Pelelangen, talengen, Tawoali, Bukide timur, Mahenhetang dan Lapango1.

Dia berharap, dalam tahun 2022 ini, semua dokumen pendukung bisa segera rampung agar pemilihan secepatnya bisa dilaksanakan.

"Kami berharap apabila semua berjalan lancar maka akhir tahun 2022 ini sudah bisa dilaksanakan pemilihan di enam kampung tersebut," kata dia.

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022