Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mendorong penguatan karakter anak didik melalui gerakan pramuka yang digaungkan seluruh sekolah pada semua tingkatan.

"Pramuka telah terbukti banyak melahirkan generasi yang baik, alumninya sukses berkarier di berbagai bidang pekerjaan seperti TNI-Polri dan institusi negara lainnya," kata Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor di Banjarmasin, Senin.

Untuk itulah, dia ingin anak didik mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) sesuai kewenangan pemkot diarahkan mengikuti kegiatan pramuka secara aktif sesuai minatnya.

Baca juga: NTT mendorong Gerakan Pramuka diperkuat ciptakan generasi antikorupsi

Sebagai wadah pendidikan nonformal, kata Arifin, pramuka diyakini dan telah terbukti dapat melahirkan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur yang dibentuk melalui kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka.

"Sesuai namanya Praja Muda Karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya, anggota pramuka senantiasa semangat untuk melahirkan karya terbaik dalam setiap kegiatannya," kata Arifin yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin.

Baca juga: Pramuka Kotawaringin Timur kirim peserta terbanyak ke Jambore Nasional

Salah satu komitmen yang ditunjukkan Pemkot Banjarmasin terhadap gerakan pramuka yaitu mendukung sepenuhnya keberangkatan Kontingen Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin
mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 pada 14 sampai 21 Agustus di Cibubur, Jakarta Timur.

Berkekuatan sebanyak 16 anggota pramuka ditambah pendamping dan pendukung dengan total 32 orang, kontingen Kwarcab Pramuka Banjarmasin siap menyukseskan Jamnas dan mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Wawali Denpasar lepas peserta Jambore Nasional 2022

Jambore merupakan pertemuan besar pramuka penggalang sebagai sarana pembinaan bersifat rekreatif dan edukatif di alam terbuka dikemas dalam suatu perkemahan dengan menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022