Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Asisten pelatih tim nasional U-16 Indonesia Firmansyah Agus Purnomo mengatakan siap menghadapi militansi Myanmar dalam semifinal Piala AFF U-16 pada Rabu (10/8) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

"Myanmar itu tim bagus. Gaya bermain mereka hampir sama dengan Vietnam, bahkan lebih militan,"  kata Firmansyah di Yogyakarta, Senin.

Pemain timnas Indonesia era 2000-an tersebut berjanji  menyiapkan tim dengan sebaik-baiknya.

Mereka akan menempa mental, fisik, teknik dan taktik pemain. Kemudian, skuad Garuda Asia juga akan melihat kelemahan Myanmar selama berkiprah dalam Grup C melalui rekaman video.

"Kami akan melihat permainan mereka dan memberikan catatan," kata Firmansyah.

Indonesia dan Myanmar berstatus juara grup masing-masing, yakni Grup A dan Grup C.

Baca juga: Pemain Vietnam sambut gembira kelolosan ke semifinal AFF U-16

Di Grup A, Indonesia selalu menang dalam tiga laga dengan membuat 13 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Sementara di Grup C, Myanmar dua kali menang dan sekali seri, selain memasukkan lima gol dan kebobolan tiga gol.

Indonesia berusaha mengulangi prestasi 2018 ketika menjuarai Piala AFF U-16 edisi tahun itu yang juga berlangsung di Indonesia. Pada 2019, Indonesia menempati peringkat ketiga.

Keberhasilan mencapai semifinal Piala AFF U-16 adalah perbaikan bagi Mynamar setelah pada edisi sebelumnya mereka tersingkir pada fase grup.

Tidak seperti Indonesia yang baru sekali menjuarai Piala AFF U-16, Myanmar sudah dua kali menjuarainya pada 2002 dan 2005.

Selain Indonesia versus Myanmar pukul 20.00 WIB, semifinal lainnya Vietnam melawan Thailand juga digelar Rabu (10/8) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Indonesia hadapi Myanmar dalam semifinal Piala AFF U-16

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022