Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Senin (8/8), mulai dari nama calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sudah hampir mengerucut hingga kerja sama antara Indonesia dan Singapura telah semakin kuat.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Seskab sebut nama calon Menpan RB sudah mengerucut

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan bahwa nama calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sudah hampir mengerucut, untuk mengisi pos yang ditinggalkan mendiang Tjahho Kumolo tersebut.

Nama tersebut nantinya akan dibahas antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, meski Pramono belum bisa memastikan kapan pertemuan kedua belah pihak akan dilangsungkan.

Selengkapnya baca di sini.

MPR tolak penghapusan kata "madrasah" di revisi UU Sisdiknas

Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menolak penghapusan kata "madrasah" dalam revisi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Menurut dia, madrasah dan pondok pesantren memiliki jasa yang sangat besar bagi bangsa dan negara.

Selengkapnya baca di sini.

Gerinda dan PKB bareng daftar ke KPU

Partai Gerinda dan PKB datang berbarengan ke KPU RI untuk mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024, Senin (8/8).

"Baru saja kami dari Partai Gerindra dan kawan-kawan dari PKB berturut-turut telah datang ke KPU dan mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu," kata Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jakarta Senin (8/8).

Selengkapnya baca di sini.

KPU sebut dokumen pendaftaran 13 parpol dinyatakan lengkap

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjelaskan dokumen pendaftaran 13 dari 18 partai politik yang mendaftar telah dinyatakan lengkap dan dapat didaftar.

"Jadi dari total 18 parpol yang mendaftar, 13 parpol kami nyatakan lengkap," kata Anggota KPU RI Idham Holik di Jakarta Senin (8/8).

Selengkapnya baca di sini.

Panglima TNI: Kerja sama Indonesia dan Singapura semakin kuat

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Singapura telah semakin kuat dan lebih dekat serta berkomitmen mendorong kerja sama ini untuk menjadi lebih baik lagi.

“Kami percaya kerja sama Indonesia dan Singapura sudah menjadi lebih kuat dan lebih dekat,” kata Andika yang dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, di Jakarta, Senin (8/8).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022