Sydney (ANTARA) - Bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA) pada Selasa mengatakan pihaknya meluncurkan program penelitian satu tahun ke dalam kasus mata uang digital bank sentral (CBDC) di Australia, dengan fokus pada potensi manfaat ekonomi yang mungkin dibawanya.

RBA bermitra dengan Digital Finance Cooperative Research Center (DFCRC), kelompok industri yang didukung pemerintah, dalam program tersebut.

Proyek ini akan berusaha mengidentifikasi kasus penggunaan inovatif dan model bisnis yang dapat didukung oleh penerbitan CBDC, dan lebih memahami beberapa pertimbangan teknologi, hukum dan peraturannya.

Ini akan melibatkan pengembangan percontohan CBDC skala terbatas yang akan beroperasi di lingkungan yang memisahkan sebagian aset keuangan individu atau perusahaan dari yang lain dan melibatkan percontohan CBDC yang merupakan klaim nyata pada RBA.

Peserta industri yang tertarik akan diundang untuk mengembangkan kasus penggunaan khusus yang menunjukkan bagaimana CBDC dapat digunakan untuk menyediakan layanan pembayaran dan penyelesaian yang inovatif dan bernilai tambah bagi rumah tangga dan bisnis.


Baca juga: Depkeu AS cari masukan tentang risiko dan manfaat mata uang kripto
Baca juga: Ekonom: CBDC dorong pembangunan infrastruktur digital terpadu
Baca juga: Ekonom sarankan bank sentral pilih mata uang digital retail

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022