Jakarta (ANTARA) - Starbucks Indonesia meluncurkan koleksi merchandise lokal terbarunya, "Beauty of Indonesia", yang terinspirasi dari kekayaan budaya Tanah Air dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77.

"Perayaan Hari Kemerdekaan selalu menginspirasi orang-orang untuk lebih mencintai negaranya. Kami wujudkan dengan memperkenalkan koleksi merchandise terbaru Starbucks yang dari segi desainnya sudah sangat kental dengan suguhan budaya Indonesia," ujar CMO PT Sari Coffee Indonesia Liryawati dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Starbucks Refreshers luncurkan dua minuman dengan kesegaran stroberi

Keberadaan koleksi ini turut didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Kami berterima kasih atas usaha, antusiasme Starbucks dalam memperkenalkan dan mempopulerkan budaya Indonesia melalui koleksi merchandise-nya. Ini konsisten dengan tujuan kami untuk mendorong inovasi dan kreativitas budaya para kaum muda. Kami berharap agar semakin banyak pelaku usaha yang terinspirasi untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda.

Selain itu, Starbucks juga berkolaborasi dengan dua seniman Indonesia yaitu Naela Ali dan Hari Prasetyo untuk mengekspresikan dan menampilkan karya-karyanya dalam empat desain berbeda.

"Dengan kolaborasi kreatif ini, kami berharap agar dapat memperkuat misi kami untuk selalu menginspirasi dan menumbuhkan semangat kemanusiaan di tengah komunitas yang kami layani," kata Liryawati.

Baca juga: Kedai kopi Starbucks keluar dari Rusia setelah hampir 15 tahun

Naela Ali adalah seorang desainer grafis, ilustrator, dan pengusaha muda asal Jakarta. Gayanya dicirikan oleh banyak karya sederhana dan modern yang dibuat dengan teknik cat air.

Ide Starbucks untuk menuangkan kekayaan budaya Nusantara ini disambut baik oleh tangan kreatif Naela sehingga bersama melahirkan koleksi "People of Indonesia" yang menggambarkan keragaman suku bangsa di Tanah Air, dan "Flora and Fauna of Indonesia" yang menggambarkan flora dan fauna Indonesia yang unik dan eksotis.

Sementara itu, Hari Prasetyo, atau yang biasa disebut Hari Prast, adalah seorang ilustrator dan komikus asal Tulungagung, Jawa Timur yang dikenal dengan gaya ilustrasi ligne clare. Karya seninya dapat ditemukan pada desain "Landmark of Indonesia" yang mewakili landmark terkenal dan ikonis di Indonesia dan "Culture of Indonesia" yang menampilkan beragam makanan dan budaya Indonesia.

Koleksi ini terdiri dari empat desain tumbler dan 2 desain mug. Semua koleksi tumbler tersedia mulai 8 Agustus, sedangkan mug akan tersedia tanggal 12 Agustus di semua gerai Starbucks di Indonesia selama persediaan masih ada.


Baca juga: Minuman ini pasti disukai konsumen kedai kopi di Indonesia

Baca juga: Starbucks luncurkan menu baru rayakan dua dekade di Indonesia

Baca juga: Starbucks dan LINE FRIENDS luncurkan koleksi edisi terbatas

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022