Medan (ANTARA) - Kontingen Sumatera Utara sementara meraih tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu pada kejuaraan nasional (Kejurnas) Atletik U-18, U-20 dan Senior di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Jawa Tengah, pada 6 hingga 11 Agustus 2022.

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara, David Luther Lubis di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi capaian sementara atlet Sumut di Kejurnas tersebut.

"Saya bangga dan senang hati, terutama atas kiprah atlet muda kita. Raihan medali itu jadi bukti bahwa kita punya potensi mumpuni. Namun saya harapkan agar jangan cepat puas, harus terus tingkatkan latihan hingga benar-benar siap meraih prestasi tertinggi," katanya.

Tiga medali emas Sumut masing-masing disumbangkan Fadhil Aulia Mufti dari nomor lari 5000 m U-20 putra dengan catatan waktu 16 menit 04,16 detik, Bagas Simanjuntak 1500 m U-20 putra (4.11.09) dan M Syahrial Bakti (tolak peluru senior putra) dengan tolakan 16.09 meter.

Sementara dua perak disumbangkan Dwi Dermawan (tolak peluru U-20, 14,46 meter) dan Syahnan dari lompat jangkit senior putra. Sedangkan satu perunggu oleh Berman Siahaan (5000 m putra senior).

Baca juga: Luhut: Kejurnas 2022 momentum kebangkitan atletik

Medali untuk Sumatera Utara ini masih bisa bertambah, mengingat hari ini ada lima atlet Sumatera Utara yang masuk ke final dari berbagai nomor.

Ia mengatakan, jauh-jauh hari pihaknya terus memotivasi para atlet untuk berlatih dengan keras. Untuk memberikan semangat, ia sendiri sempat melihat langsung proses latihan para atlet di PPLP Sumut.

David juga menyempatkan berbicara dari hati ke hati dengan para atlet. Motivasi yang diberikan David terbukti menjadi lecutan semangat bagi para atlet untuk meraih prestasi.

"Benar, saya sempat datang dan berbicara dengan para atlet di PPLP Sumut beberapa waktu lalu. Saat pertandingan Kejurnas ini saya juga hadir langsung memberikan semangat dan motivasi. Saya bangga dengan prestasi atlet kita," katanya.

Baca juga: PASI pilih Jawa Tengah tuan rumah Kejurnas Atletik 2022

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022