Fokusnya adalah pada angka inflasi AS besok dan apakah mereka cenderung menunjukkan indikasi melemahnya tekanan inflasi
London/Hong Kong (ANTARA) - Pasar saham beringsut lebih rendah dan dolar melemah dari tertinggi baru-baru ini pada perdagangan Selasa, karena investor mengamati data inflasi AS yang akan dirilis sehari kemudian yang kemungkinan akan menghasilkan petunjuk untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut Federal Reserve yang agresif.

Taruhannya tinggi untuk laporan harga konsumen AS Juli pada Rabu (10/8) setelah data pekerjaan AS yang kuat secara tak terduga pekan lalu mendorong ekspektasi kenaikan suku bunga yang tajam untuk mengatasi lonjakan inflasi.

Euro STOXX 600 yang lebih luas turun 0,3 persen, setelah mencatat sesi terbaiknya dalam hampir dua minggu pada Senin (8/8), dengan saham Jerman jatuh 0,4 persen. Ekuitas penambang dan otomotif, di antara gainers teratas sehari sebelumnya, memimpin penurunan pada Selasa.

"Fokusnya adalah pada angka inflasi AS besok dan apakah mereka cenderung menunjukkan indikasi melemahnya tekanan inflasi," kata Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets.

"Apakah kita mendekati puncaknya, dan apakah angka IHK besok akan mencerminkan hal itu?"

Pada Senin (8/8), Wall Street sebagian besar ditutup datar setelah data pekerjaan luar biasa pekan lalu memperkuat ekspektasi Federal Reserve akan menindak inflasi, sementara peringatan pendapatan dari pembuat chip Nvidia mengingatkan investor akan perlambatan ekonomi AS.

Investor sekarang sedang menunggu data harga konsumen untuk mengukur apakah The Fed mungkin sedikit mereda dalam pertarungan inflasi dan memberikan pijakan yang lebih baik bagi ekonomi untuk tumbuh.

Wall Street berjangka menunjukkan kenaikan tipis.

Dolar juga bertahan di bawah puncaknya baru-baru ini, dengan para pedagang waspada terhadap kejutan yang dapat menumpuk lebih banyak tekanan ke atas pada suku bunga. Terhadap sekeranjang mata uang, greenback datar di 106,30.

Indeks ekuitas dunia MSCI, yang melacak saham di 47 negara, turun 0,1 persen.

Sebelumnya, indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang datar, setelah melepaskan kenaikan moderat. Nikkei Jepang turun 0,95 persen, terpukul oleh pendapatan kuartalan yang lemah oleh emiten kelas berat dan menurunkan ekspektasi untuk pasar video game.

Ada beberapa tanda yang menggembirakan bagi The Fed di sisi harga, dengan survei Fed New York pada Senin (8/8) menunjukkan ekspektasi inflasi konsumen turun tajam pada Juli.

"Itu akan menjadi musik di telinga The Fed, karena jika tren itu berlanjut maka itu berarti The Fed mungkin tidak perlu terlalu agresif dalam menaikkan suku bunga," tulis analis Deutsche Bank.

"Salah satu ketakutan besar mereka adalah ekspektasi inflasi yang lebih tinggi akan mengarah pada ramalan inflasi aktual yang lebih tinggi."

Inflasi juga ada di benak para pembuat kebijakan. Melonjaknya harga-harga di seluruh dunia kemungkinan akan menjadi agenda utama pada simposium bank sentral Jackson Hole bulan ini.

Bank sentral Inggris (BoE) mungkin harus menaikkan suku bunga lebih jauh dari level tertinggi 14 tahun mereka saat ini untuk mengatasi tekanan inflasi yang mendapatkan pijakan dalam ekonomi Inggris, kata Deputi Gubernur BoE Dave Ramsden.

Sterling bertahan di 1,2084 dolar dan turun lebih dari 10 persen tahun ini versus greenback.

Harga minyak melanjutkan penurunan baru-baru ini setelah mengalami kemerosotan mingguan terbesar sejak April 2020 di tengah kekhawatiran tentang terhentinya permintaan global karena bank-bank sentral terus melakukan pengetatan.

Minyak mentah AS turun satu dolar AS per barel atau 0,7 persen, menjadi diperdagangkan di 90,07 dolar AS per barel. Minyak mentah Brent melemah 0,8 persen menjadi diperdagangkan di 95,91 dolar AS per barel.

Baca juga: Saham global dan imbal hasil obligasi jatuh karena ketegangan Taiwan

Baca juga: Saham dunia mencapai tertinggi 7-minggu, dolar tertekan terhadap yen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022