Jakarta (ANTARA) - Psikolog anak dan keluarga sekaligus Co-Founder Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima membagikan kiat-kiat agar anak siap menghadapi tantangan masa depan, mengingat perkembangan dunia sudah sangat pesat dan persaingan pun semakin ketat.

"Dunia nantinya akan kayak gimana itu susah dibayangkan, karena perubahannya sangat cepat. Jadi anak kita nanti akan berkembang di dunia kayak apa, sebenernya ini ada beberapa tantangan," kata Saskhya saat virtual press briefing, Selasa.

Baca juga: Pola asuh responsif ideal untuk tumbuh kembang anak

Mengutip laporan World Economic Forum, Saskhya memaparkan, tantangan yang akan dihadapi si kecil di masa depan selain perubahan kebutuhan dan kondisi dunia yang sangat cepat, 85 juta pekerjaan akan tergantikan dengan mesin pada tahun 2025.

Kemudian, 50 persen karyawan di seluruh dunia akan membutuhkan pembaruan skill setiap enam bulan. Lalu, akan muncul 97 juta jenis pekerjaan baru. Selain itu, 15 persen tenaga kerja dari 35 negara di dunia berisiko tidak mendapatkan pekerjaan pada tahun 2030.

"Jadi banyak sekali risiko di masa depan yang bukan cuma masalah kompetisi, tapi bagaimana kita membentuk anak yang punya kepribadian, punya karakter, dan punya skill yang bisa membantu mereka agar tetap relevan di dunianya," ujar Saskhya.

Agar anak memiliki jiwa pemenang dalam menghadapi tantangan tersebut, menurut Saskhya, mama perlu memiliki pola pikir sebagai The Winning Mom (Mama Pemenang), yaitu sosok mama yang tergerak untuk terus belajar dan menerapkan pendekatan parenting yang berkembang, serta berorientasi masa depan.

"Kita perlu melakukan stimulasi sejak dini terutama mengoptimalkan periode sensitif yaitu usia 0-8 tahun yang disebut dengan The Winning Window dengan memberikan stimulasi yang tepat," imbuhnya..

Salah satu stimulasi yang direkomendasikan adalah 8 Winning Skills yang merupakan stimulasi yang dikembangkan oleh Nutrilon Royal bersama sejumlah ahli.

Adapun 8 Winning Skills yang dimaksud adalah attention (mengarahkan perhatian), focus (menyelesaikan sesuatu yang dimulai), memory (kemampuan mengingat), language (kemampuan bahasa), psikomotor (kemampuan yang berhubungan dengan aktivitas fisik), logic (menganalisa), reasoning (memahami dan membangun proses berpikir), dan decision making (pengambilan keputusan).

"Nutrilon Royal mengajak para Moms di Indonesia untuk mengoptimalkan periode The Winning Window ini dengan cara memberikan Bekal Untuk Menang bagi Si Kecil. Kami menghadirkan susu pertumbuhan yang diperkaya dengan FOS:GOS yang telah teruji klinis dapat membantu meningkatkan imunitas serta Omega 3, Omega 6, dan DHA yang baik untuk perkembangan kognitif Si Kecil." ujar Velan Sormin, Brand Manager Nutrilon Royal.

Selain menghadirkan produk dengan Winning Nutrition, Nutrilon Royal juga menghadirkan Winning Parenting Platform melalui website Nutriclub.co.id berisi berbagai informasi yang tervalidasi para ahli serta layanan 24 jam non-stop.

Ada pula Best in Class Loyalty Program yang akan menemani perjalanan para Winning Moms dalam mempersiapkan Si Kecil menjadi Winning Children.

"Kami harap melalui semua inovasi ini, kami bisa menjadi bagian dari perjalanan para moms di Indonesia dalam membesarkan Winning Children, yaitu anak-anak dengan jiwa pemenang yang siap menghadapi masa depan,” tutup Velan.

Baca juga: Dokter: Daya tahan tubuh berkorelasi pada tumbuh kembang anak

Baca juga: Cara Tasya Kamila dukung tumbuh kembang anak

Baca juga: Eksperimen sains baik untuk menstimulasi tumbuh kembang anak

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022