Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) Darusalam Banda Aceh masuk peringkat kedelapan besar perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan lembaga pemeringkatan dunia Webometrics.

“Posisi USK ini naik cukup signifikan jika dibanding tahun sebelumnya yaitu USK berada di peringkat 17,” kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan capaian tersebut tidak lepas dari kuatnya komitmen perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah di kalangan peneliti kampus ini.

Baca juga: UI raih peringkat 82 perguruan tinggi negara berkembang

Ia mengatakan dalam waktu dekat USK akan segera bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH).

Menurut dia dengan statuta baru tersebut, maka perhatian USK terhadap riset akan semakin besar sehingga mampu bersanding dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia.

“Alhamdulillah, prestasi ini menjadi motivasi bagi USK untuk terus menguatkan institusinya, khususnya bidang riset yang telah menjadi perhatian serius USK selama ini,” kata Rektor.

Baca juga: Kemristedikti umumkan peringkat perguruan tinggi

Sebelumnya pada Juli, salah satu lembaga pemeringkatan dunia lainnya yaitu Scimago Institutions Ranking (SIR) juga mempublikasikan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Berdasarkan informasi tersebut, USK berada di peringkat 11 sebagai perguruan tinggi nasional.

Baca juga: UGM: Rektor asing tak jamin PTN langsung peringkat dunia

Dalam publikasi tersebut sejumlah bidang keilmuan USK turut berada di posisi yang mengesankan misalnya, bidang kimia yang berada di peringkat I, bidang matematika peringkat 1 dan bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat 5.

Selanjutnya bidang keteknikan peringkat 7, bidang kedokteran hewan peringkat 6, bidang kedokteran peringkat 8, bidang ilmu komputer peringkat 14, bidang pertanian peringkat 19, dan bidang ekonomi di peringkat 23.

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022